Bupati Tutup Festival Budaya Kaya’an Mendalam

Facebook
Twitter
LinkedIn

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH menutup rangkaian kegiatan Festival Budaya Kaya’an Mendalam, di desa Datah Diaan Kecamatan Putussibau Utara, Sabtu (26/10) malam. Pada kesempatan itu Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk melesatarikan kebudayaan yang ada di Bumi Uncak Kapuas, terutama kebudayaan-kebudayaan yang hampir hilang saat ini.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH mengatakan, budaya Dayak Kaya’an mendalam adalah salah satu budaya di Kapuas Hulu. Kapuas Hulu memili masyarkat yang heterogen, untuk sub suku Dayak sendiri ada 22 sub suku, kemudian ada juga Melayu dan suku-suku lainnya. “Kita patut bersyukur, walau di ujung kita kaya akan suku budaya serta sumberdaya alam,” tegas Bupati.

Ia juga menegaskan kegiatan kebudaya sangat didukung oleh Pemda Kapuas Hulu. Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu terus dikomunikasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pariwisata. “Semoga kedepan kegiatan Festival Kaya’an ini terus berlanjut dan semakin baik pelaksanaanya,” ucap Bupati.

Menurut Bupati kegiatan festival budaya kedepannya bisa lebih menggali potensi adat, kalau memungkinkan dibuat buku adat sehingga sejarah kesukuan tetap bertahan sampai kapanpun. Kemudian regenerasi pelaku budaya juga perlu dipersiapkan mulai dari anak-anak. “Saya melihat anak-anak menari, ini penting untuk pelestarian seni dan budaya. Kemudian sesepuh Kaya’an Mendalam yang telinga panjang juga mesti dipertimbangkan generasi kelanjutannya, selain itu penggiat tenun dan anyam juga harus ada penerusnya,” tegas Bupati Kapuas Hulu dua periode ini.

Bupati menambahkan, secara geografis Kapuas Hulu sekarang ini sudah strategis. Lokasinya berada ditengah-tengah, lintas provinsi di Kalimantan. Jalan lingkar timur sudah tembus dan semoga dilanjutkan kembali oleh Kementerian PU untuk peningkatan badan jalan. “Kita sekarang ini ditengah Kalimantan dan terkoneksi dengan luar negeri,” tegasnya.

Strategisnya wilayah Kapuas Hulu akan jadi penunjang pemasaran wisata yang ada, baik dari sisi wisata kebudayaan dan wisata alam kedepannya. “Untuk itu kita semua harus kerja keras membangun fasilitas dan kenyamanan untuk wisatawan. Masyarakat tolong layani turis dengan ramah jangan sampai tamu membawa kesan tidak baik,” tuntas Bupati.

Penutupan acara Festival Kaya’an Mendalam sangat meriah, selain suguhan etnis Dayak Kaya’an ada pula hiburan artis ibu kota Iva Lola. Acara itu juga dihadiri sejumlah pejabat seperti Anggota DPD RI, Ny. Erlinawati Nasir, Anggota DPRD Prov Kalbar, Angelina Fremalco, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi berserta anggotanya Maura Marselena Hiroh dan Ny. Silvia Pamero, Plh Sekda, H. Bung Tomo serta beberapa Kepala OPD setempat. Kemudian hadir pula unsur Muspincam Putussibau Utara, tokoh masyarakat Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Tumenggung Kaya’an Mendalam, Yosef Yusuf berserta Kepala Desa disekitar DAS Mendalam. (yohanes)

Berita Lainnya

Pelepasan Siswa/Siswi Kelas IX SMPN 01 Empanang

Sekretaris Kecamatan Empanang bapak Akuarius Medang, S.Pd dan Kasi Kesra Sema Yasinta, Amd.Kep menghadiri Undangan pelepasan siswa/siswi SMPN 01 Empanang. Kegiatan dilaksanakan

Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN

Camat Empanang Menghadiri Undangan dari PT.Buana Tunas Sejahtera, PT Sentrakarya Manunggal, PT Mandala Intan Jaya mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN. Dalam rangka

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy