PAUD TUNAS BANGSA DESA NANGA SUHAID REALISASIKAN PROGRAM GERNAS BAKU

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Paud Tunas Bangsa desa nanga suhaid merealisasikan program pemerintah tentang Gernas Baku. Gernas Baku adalah gerakan nasional orang tua membacakan buku yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca pada anak mulai dari usia dini. Buku adalah jendela dunia. Membaca buku dapat di ibaratkan sedang membuka jendela dunia, karena dengan membaca akan memperluas wawasan kita.

Untuk itu pada tahun 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Direktorat Bindikel, Ditjen PAUD Dikmas) kembali melaksanakan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku).

Ardina Aprilita, S.pd selaku Kepala Sekolah PAUD Tunas Bangsa Desa Nanga Suhaid menjelaskan bahwa sekolahnya telah merealisaiskan program Gernas Baku tersebut.

“Kami PAUD Tunas Bangsa Desa Nanga Suhaid Kecamatan Suhaid, perlahan dan telah mengambil peran berpartisipasi mendukung program pemerintah mensosialisasikan Gernas Baku kepada orang tua. Sebagai bentuk nyata, lembaga kami memasukan kegiatan membacakan buku pada anak ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Setiap guru kelas wajib membacakan buku sebelum masuk ke kegiatan inti. Selain itu, beberapa kali lembaga kami mengadakan perlombaan “Membacakan Buku Pada Anak”. Kegiatan ini selalu kami masukan dalam Program Tahunan. Pada April lalu, untuk memperingati hari Kartini kami mengadakan beberapa lomba, salah satunya Lomba “Membacakan Buku Pada Anak”. Pada momentum merayakan HUT RI ke 74, kami juga mengadakan perlombaan serupa. Serta tidak bosan-bosannya kami meminta pada orang tua agar meluangkan waktunya untuk membacakan buku pada anak minimal menjelang waktu tidur anak.” jelasnya. (18/08/2019).

Dina menambahkan, “Harapan ke depan, semoga nantinya pada event tertentu Desa atau mungkin Kecamatan Suhaid dapat melaksanakan kegiatan sosialisasi Gernas Baku ini kepada masyarakat atau mungkin bisa mengadakan perlombaan membacakan Buku Pada Anak dalam tingkat atau ruang lingkup yang lebih besar.”