Sosialisasi Mengatasi Api Menyala Pada Tabung Gas

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. CV. Cahaya Utama Sejahtera mengadakan sosialisasi cara penggunaan komponen kompor gas. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Desa Nanga Suhaid, Dusun Kampung Baru, Entugan Hulu, Sanggar Suhaida pada hari rabu (24/o7/19).

Menurut Lailan, petugas sosialisasi yang berasal dari Sumatera Selatan, Bandar Lampung, bahwa sebelum menggunakan kompor gas seharusnya terlebih dahulu kita mengetahui komponennya.

“Komponen komplit kompor gas yaitu regulator, tali, kompor dan tabung gas.” ungkapnya.

Lailan menambahkan, “Permasalahan yang sering terjadi pada tabung gas yang berbunyi mendesis, solusinya ada 2, pertama lilitkan isolasi pada kepala tabung gas atau ke dua balikkan karet atau pakin yang bagian dalam menjadi bagian luar. Tabung gas yang dingin bahkan mengeluarkan air bak keringat itu tandanya tabungnya dalam kondisi normal.”

Antusias masyarakat sekitar Dusun Kampung Baru terlihat pada kehadiran warga yang ingin mengetahui cara penggunaan komponen kompor gas. Bahkan tanya jawab terjadi sehingga suasana cukup hangat.

Kita ketahui bersama bahwa sebagian masyarakat telah menggunakan gas elpiji, namun hal tersebut belum diikuti oleh masyarakat secara luas. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa gas elpiji berbahaya untuk digunakan.

“Jika terjadi api menyala membesar seperti kebakaran pada gas atau kompor, maka cabutlah regulatornya, bukan matikan kompornya, insya Alla aman,” tutup Lailan

Kita berharap sosialisasi seperti ini terus dilakukan secara berjenjang agar tersampaikan kepada masyarakat secara menyeluruh.