Tingkat Minat Baca Pelajar SMP Negeri 5 Putussibau dengan Menghadirkan Perpustakaan Keliling

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya di Bidang Perpustakaan melakukan Layanan Perpustakaan Keliling di SMP Negeri 5 Putussibau pada hari Jumat (26/04/2024).

Pada Saat layanan perpustakaan sekolah mendatangi sekolah tersebut anak-anak antusias di sekolah tersebut sangat baik dan penuh semangat untuk membaca di perpustakaan keliling. Adapun kegiatan yang dilakukan ketika layanan perpustkaan keliling antara lain mengajak anak-anak dilingkungan tersebut untuk membaca buku dan berbagi pemahaman tentang pentingnya membaca buku untuk perkembangan diri dan melakukan tanya jawab ke siswa siswa terkait buku yang mereka baca.

Sebelum anak-anak membaca koleksi yang ada di mobil perpustakaan keliling mereka diarahkan oleh Pustakawan Heri Susanti untuk mengisi daftar absen serta akan didampingi cara pengisian formulir kepada siswa siswi SMP Negeri 5 Putussibau dan juga Pustakawan Heri Susanti akan menjelaskkan cara menjadi Anggota Perpustakaan Daerah.

Peningkatan minat baca kabupaten kapuas hulu adalah salah satu tugas dari Perpustakaan Daerah Keliling Kabupaten Kapuas Hulu, peran perpustakaan dalam usaha menumbuhkan minat baca siswa siswi dan membuat perpustakaan menjadi ramai adalah dengan cara membuat suasana, bahan bacaan dan ruangan dalam perpustakaan yang nyaman dan memberikan fasilitas berupa sarana dan prasarana yang memadai, salah satu fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Dearah Keliling Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Perpustakaan Keliling.

Perpustakaan Keliling adalah perpustakaan yang diwujudkan dalam bentuk mobil unit sehingga dapat di pindah-pindahkan sesuai ketentuan yang direncanakan dan ditentukan. Secara operasional perpustakaan keliling memberikan layanan kepada kelompok masyarakat yang karena sesuatu hal dan ke beberapa sekolah guna meningkatkan minat baca.

Begitu juga dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang berada di bawah naungan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu memiliki layanan perpustakaan keliling yang secara rutin melakukan turun lapangan keberbagai kecamatan atau desa serta sekolah yang berada di Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pelayanan Perpustakaan Keliling tersebut di laksanakan oleh jajaran staff di Bidang Perpustakaan Dearah Kabupaten Kapuas Hulu, ketika akan melaksanakan layanan perpustakaan keliling terlebih dahulu para staff di Bidang Perpustakaan meminta izin kepada Kepala Sekolah untuk melakukan layanan perpustakaan keliling.

Tujuan dari Layanan Perpustakaan Keliling yang dilakukan antara lain agar pelajar Kabupaten Kapuas Hulu juga bisa merasakan koleksi yang ada di Perpustakaan Kabupaten Kapuas Hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu terutama di kalangan pelajar. Dan juga memperkenalkan dan menjelaskan program yang ada di Perpustakaan Daerah seperti bimbingan Belajar gratis, alamat perpustakaan yang baru serta berbagai media sosial yang perpustakaan miliki dan membawa mobil perpustakaan keliling.

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy