Cegah TB Sejak Dini, Nakes Puskesmas Kalis Gencar Lakukan Konseling Kepada Pasien

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tenaga Kesehatan Puskesmas Kalis melaksanakan Konseling cara makan obat TB pada Keluarga sebagai pengawas minum obat pada pasien terdiagnosa Tuberkulosis paru di Kecamatan Kalis, Senin (11/7/2022).

Penanggung jawab/pelaksana kegiatan tenaga kesehatan Puskesmas Kalis yakni Florentina Ating, A.Md.Kep. Konseling dilaksanakan di Gedung Puskesmas Kalis.

Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, S.Tr.Keb mengingatkan, jangan anggap sepele TBC ( Tuberkulosis).

“Segera atasi sebelum terlambat karena bisa berakibat fatal,” ujar Kapus.

Disampaikan Kapus, Penyakit Tuberkulosis adalah suatu penyakit bakteri menular yang berpotensi serius yang terutama mempengaruhi paru.

“Bakteri penyebab TBC menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin kebanyakan orang terinfeksi dengan bakteri yang menyebabkan tuberkulosis tidak memiliki gejala,” jelas Kapus.

Dengan adanya konseling pada pasien TBC paru ada fakta-fakta tentang TBC, yakni Tuberkulosis bukan penyakit keturunan penyakit menular yang disebabkan oleh myctabacterium tuberkulosis.

“Tuberkulosis tidak hanya menyerang paru-paru namun juga dapat menyerang organ lain, termasuk otak,” katanya.

Kemudian setiap orang beresiko terkena TBC, Tuberkulosis menyebar dengan mudah melalui udara dan Tuberkulosis adalah penyebab kematian tertinggi ke-7 di negara miskin.

“Untuk itu kami himbau bagi masyarakat yang memiliki gejala mengarah ke TB agar segera datangi tenaga kesehatan, konsultasi sehingga bisa dilakukan penanganan segera,” pesan Kapus.

 

Berita Lainnya

Bupati Kapuas Hulu Hadir Dalam Rapat Paripurna

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,S.H., M.H hadir dalam Rapat Paripurna Jawaban/Tanggapan Bupati Kapuas Hulu terhadap pandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy