Tim Covid-19 Puskesmas Kalis Laksanakan Swab Antigen Untuk 13 Orang, Termasuk Nakes

Tim Covid-19 Puskesmas Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu kembali melaksanakan pemeriksaan Swab Antigen untuk petugas kesehatan dan masyarakat di wilayah kerja Kecamatan Kalis, Sabtu 24/7/ 2021.

Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, S.Tr.Keb mengatakan, pemeriksaan swab Antigen pada petugas  kesehatan yang mengeluh masalah kesehatan, pelaku perjalanan dan yang kontak erat dengan penderita yang dirawat di rumah sakit.

“Langkah ini untuk memastikan apakah yang bersangkutan terkonfirmasi Covid-19 atau tidak. Dan jika hasilnya postif dianjurkan untuk isolasi mandiri dan patuhi protokol kesehatan dan yang hasilnya Negatif 5 hari kedepan cek ulang,” kata Kapus.

Sedikitnya ada 13 orang yang menjalani pemeriksaan Swab Antigen di Puskesmas Kalis, diantaranya petugas Kesehatan mengalami gejala yang di  Swab Antigen ada 2 orang dan satu  orang  dengan hasil  positif dan dianjurkan untuk isolasi Mandiri selama 14 hari. 

“Untuk pelaku perjalanan  yang mengalami keluhan di swab  antigen hasilnya positif dan  keluarga yang kontak erat di swab satu Positif dan yang satunya lagi dengan hasil Negatif,” papar Kapus.

Kemudian ada karyawan yang menjaga keluarga yang dirawat di rumah sakit  3 orang dengan hasil Positif.

“Jadi yang diperiksa hari ini 13 orang  dan yang dengan hasil swab antigen positif ada 6 orang. Untuk yang hasil negatif  dan tetap dianjurkan isolasi mandiri,” pesan Kapus.

Kemudian 5 hari ke depan yang hasil Negatif di cek ulang, kemudian yang hasil  positif isolasi mandiri selama 14 hari dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Adapun Swab Antigen adalah tim Covid-19 Puskesmas Kalis yaitu  Efrianto Susilo, A.Md.Kep di bawah tanggungjawab Dokter Dewi Yulianti dan kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, STr.Keb

Kapus berharap, dengan dilakukan swab Antigen pada Nakes puskesmas Kalis yang mengalami masalah kesehatan yang dengan hasil positif terkonfirmasi Covid-19  melakukan isolasi mandiri dan cepat sembuh supaya bisa melakukan aktifitas kerja seperti biasa.

“Dan Nakes yang lain masih dalam ruang lingkup Puskesmas Kalis semoga selalu sehat dan bersemangat bekerja tetap patuhi Prokes 5 M dan menjaga selalu PPI dan tidak terjadi wabah atau terpaparnya Nakes yang lain oleh virus covid-19 dan masyarakat yang  di wilayah kerja Puskesmas Kalis  supaya tetap mematuhi protokol kesehatan,” tuntas Kapus.