Pelatihan Disversifikasi Olahan Hasil Ikan di Kecamatan Selimbau

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Anggota Dewan Komisi IV  DPR RI Yesi Melania,SE mengadakan pelatihan Disversifikasi olahan hasi ikan di Desa Gudang Hilir, Kecamatan Selimbau (24/7/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu sebagai pelaksanan, pihak Kecamatan dan Desa serta anggota kelompok pengolah hasil ikan di Desa Gudang Hilir Kecamatan Selimbau.

Diversifikasi produk olahan ikan adalah salah satu strategi hilirisasi hasil perikanan dari daerah hulu. Tanpa adanya  upaya   diversifikasi maka permintaan ikan dari pasar cenderung stagnan.

Diversifikasi dalam bentuk pelatihan  penganekaragaman produk  pengolahan hasil ikan seperti pembuatan  naget dan ampalang, insyaAllh akan  , membuat  permintaan ikan  dari  pembudidaya dan nelayan akan  semakin meningkat.

Narasumber pelatihan adalah SATMINKAL BPPP Tegal Wilayah Kerja Kabupaten Kapuas Hulu ( unit penyuluh perikanan pusat ).

Kegiatan dilakukan selama satu hari tersebut membuat produk ikan berupa amplang dan naget.  Kegiatan ini sangat di tunggu tunggu oleh UKM dan ibu-ibu pengolah hasil ikan, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Dengan ada nya keahlian dalam pengolahan ikan  menjadi berbagai macam produk  yang sangat di senangi oleh masyarakat, maka  pendapatan UKM/pembudidaya dan  nelayan makin bertambah.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu Roni Januardi,S.Sos.,M.Si menyampaikan, kami sangat berterima kasih kepada ibu yessi yang telah menginisiasi sehingga programnya dapat terlaksana di KKP, demikian pula kepada tim penyuluh perikanan pusat yang melaksanakan pelatihan dan pembimbingan kepada kelompok ukm kecil masyarakat yabg ada di kecamatan selimbau dan kami sangat berterima kasih  dengan adanya kegiatan ini, karena telah  banyak membantu dan terus mendukung  pembangunan perikanan kabupaten Kapuas Hulu.