Perwakilan MAN 1 Kapuas Hulu Peringkat 13 di Lomba Pidato Tingkat Provinsi

Perwakilan Dari MAN 1 Kapuas Hulu atas nama Nohan Noer Adnan berhasil mendapatkan peringkat ke-13 pada Lomba  Pidato yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat.

Lomba  Pidato ini dilaksanakan bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri/Swasta, SMK Negeri/Swasta, Madrasah Aliyah Negeri/Swasta se-Kalimantan Barat. Dan MAN 1 Kapuas Hulu berhasil mengirimkan 1 perwakilan dalam ajang tingkat provinsi ini.

Pada awalnya MAN 1 Kapuas Hulu mengirimkan 2 orang peserta dalam babak penyisihan yang dilaksanakan melalui seleksi dalam Video Pidato dalam durasi 3 – 10 menit dengan tema “Peranan Generasi Muda dalam menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Namun hanya 1 perwakilan saja yang lolos ke babak final dan di babak final peserta akan berpidato langsung dihadapan Juri dan Finalis lainnya.

Jamnah, S.Pd. selaku guru pembimbing peserta lomba Pidato MAN 1 Kapuas Hulu mengatakan bahwa dirinya bangga sekaligus bersyukur karena perwakilan dari MAN 1 Kapuas Hulu bisa turut berpartisipasi di babak final. Ini juga bisa menjadi pengalaman dan motivasi bagi anak-anak untuk berprestasi di masa pandemi covid-19 ini.

Lomba Pidato ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan  Wawasan dan pengetahuan generasi muda tentang etika dan budaya politik sebagaimana diamanatkan dalam ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang etika kehidupan berbangsa. Selain daripada itu, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotism kepada generasi muda dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 “Alhamdulillah. Walaupun hasilnya belum diposisi juara teratas, paling tidak sudah berusaha tampil dengan maksimal serta melatih kemampuan dan mentalitas siswa dalam berkompetisi.” Ujar Iskandar Syahputra Gunawan selaku Kepala MAN 1 Kapuas Hulu.

“Terima kasih tak lupa kami ucapkan kepada Ibu Jamnah, S.Pd. karena sudah meluangkan waktu untuk membimbing dan melatih siswa-siswi kita yang turut berpartisipadi dalam lomba ini. Mudah-mudahan kita dapat terus berpartisipasi dan ikut tampil pada event dan perlombaan-perlombaan yang akan datang.”tambah Iskandar. (Usmardan)