Pantau Tumbuh Kembang Anak dan Imunisasi Melalui Posyandu Nakes Kunjungi Desa Tangai Jaya

Kendati di masa pandemi Covid-19, pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan Puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu tetap diupayakan maksimal, sehingga semua sektor dan daerah bisa dijangkau oleh pelayanan kesehatan, salah satunya kegiatan Imunisasi bayi balita.

Pada 7 Juni 2021, Puskesmas Mentebah Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Imunisasi bayi balita di Posyandu Harapan Sehat Desa Tangai Jaya.

 “Imunisasi ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan bayi balita sejak dini, meningkatkan sistem kekebalan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi,” ungkap Kepala Puskesmas Mentebah, Dayang Surawati, A.Md.Keb.

Melalui Posyandu kata Kapus, tenaga kesehatan juga bisa memantau tumbuh kembang anak apakah sesuai dengan perkembangan usia dan mengedukasi para orang tua agar selalu memperhatikan kebutuhan gizi yang seimbang untuk anaknya.

Posyandu di Desa Tangai Jaya Kecamatan Mentebah ini dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas, diantaranya Irin Setia Utami, A.Md.Keb, Ana Suliati, A.Md.Keb dan Ani Suryani, A.Md.Keb beserta sejumlah Kader Posyandu desa setempat, dengan jumlah peserta 17 orang.

Diharapkan dengan dilakukan Pelayanan Posyandu dengan memberikan imunisasi pada bayi dan balita dapat meningkat kekebalan serta terus memantau tumbuh kembang anak setiap bulannya di Posyandu 

“Untuk itu kita himbau masyarakat terutama para orang tua yang memiliki anak bayi balita agar lebih proaktif mengunjungi pelayanan di Posyandu yang rutin dijadwalkan setiap bulan,” pesan Kapus.