MAN 1 Kapuas Hulu Mengirimkan 27 Perwakilan Dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten

Satuan kerja baru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mempunyai tugas memfasilitasi pengembangan prestasi peserta didik dan satuan pendidikan. Salah satunya ialah mengadakan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Namun, OSN kini berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Tentu KSN merupakan satu dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Puspresnas yang memiliki tingkat prestisius di kalangan peserta didik.

Ada 9 bidang lomba KSN pada jenjang SMA/MA yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Astronomi, Kebumian, Geografi dan Ekonomi.


Pemerintah tidak hanya mengubah sebutan Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga memutuskan KSN 2020 tidak bisa digelar secara tatap muka. Kegiatan bergengsi tahunan ini terpaksa digelar secara online.

Yeni Budi Hastuti Selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Kapuas Hulu menjelaskan pemerintah sudah memutuskan bahwa KSN tahun ini dilaksanakan secara online. Sehingga peserta mengerjakan soal secara online. ’’Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,’’ katanya.

Menurut Yeni, semangat peserta didik untuk berprestasi tidak padam di tengah pandemi Covid 19. Karena itu MAN 1 Kapuas Hulu mengirimkan 27 siswa-siswi dalam KSN yang dilaksanakan pada 3-4 Juni kemarin.

“Walaupun guru tidak bisa memberikan bimbingan yang maksimal dikarenakan kondisi pandemic. Besar harapannya dari 27 Siswa-siswi perwakilan MAN 1 Kapuas Hulu ini dapat mewakili Kab.Kapuas Hulu pada KSN tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan secara daring pada Juli mendatang.”Ujar Yeni. (Usmardan)