Puskesmas Puring Kencana Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Pada Posyandu Lansia

Sebagai salah satu daerah lini satu yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, peningkatan akses pelayanan kepada masyarakat di wilayah tersebut terus ditingkatkan, tak terkecuali pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Puring Kencana.

Kendati berada di daerah paling ujung, Nakes Puskesmas Puring Kencana tetap memiliki semangat melayani demi mewujudkan masyarakat Puring Kencana yang sehat.

Berbagai pelayanan kesehatan terus dioptimalkan, salah satunya pelayanan kesehatan pada Posyandu Lansia. Posyandu Lansia kali ini dilaksanakan di gedung Serbaguna Dusun Sungai Mawang, Desa Sungai Mawang, Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu pada 15 April 2021.

Kepala Puskesmas Puring Kencana Susiati Julia, A.Md.Kep menyampaikan, dengan kegiatan Posyandu Lansia diharapkan dapat meningkatkan status derajat kesehatan dan menurunkan angka kesakitan pada lansia.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, maka kita berkomitmen melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat, khususnya di Dusun Sungai Mawang, Desa Sungai Mawang,” kata Kapus.

Kegiatan dilaksanakan oleh nakes Puskesmas Puring Kencana yakni Andriani, A.Md.Kep, Hendi Kurniawan, A.Md.Kep, Sri Wahyuni, A.Md.Kep, dengan jumlah Lansia yang dilayani Kesehatannya sebanyak 21 orang.

Kapus Puring Kencana juga mengingatkan agar para Lansia lebih aktif datang ke Posyandu, sehingga tenaga kesehatan bisa melakukan pemeriksaan secara optimal dan melakukan edukasi terkait Kesehatan Lansia.

“Kita himbau agar Lansia tetap menjaga kesehatan, menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat. Jadi kita harapkan semua lansia di Dusun Sungai Mawang, Desa Sungai Mawang dapat mengikuti kegiatan posyandu lansia secara rutin,” pesan Kapus.

Senada diungkapkan Andriani, A.Md.Kep, Nakes Puskesmas Puring Kencana ini mengharapkan juga 

meningkatnya peran serta lansia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap bulan melalui kegiatan Posyandu. “Agar kesehatan lansia dapat terpantau,” ucap Andriani.