Deteksi Dini Faktor Resiko PTM, Puskesmas Putussibau Selatan Tingkat Pelayanan Pada Posbindu

Puskesmas Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM).

Intensifnya pelayanan kesehatan pada Posbindu PTM sebagai upaya Puskesmas Putussibau Selatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dimana masyarakat akan di skrining kesehatannya terhadap resiko penyakit tidak menular.

Pelayanan Posbindu PTM kali ini dilaksanakan di Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan pada Selasa (20/4/2021).

Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah menyampaikan, dengan pelayanan Posbindu di Kelurahan Kedamin Hilir dapat mendeteksi secara dini Penyakit Tidak Menular (PTM) warga setempat.

Sasaran kegiatan yakni masyarakat Kelurahan Kedamin Hilir dengan rentang usia 15-59 tahun. Adapun pelaksana kegiatan dr. Irma Mulyani, Utin Kartika, SKM, Aisi, A.Md.Keb dan Lely Dimiyanti, A.Md.Kep, dengan jumlah 31 orang peserta, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan adanya Posbindu PTM di Kelurahan Keadamin Hilir dapat dengan mudah mendeteksi penyakit tidak menular secara dini, dan kita upayakan penanganan serta edukasi kepada masyarakat,” sambung dr. Olfah.

Untuk itu dirinya mengharapkan peranserta masyarakat agar datang ke pelayanan kesehatan di Posbindu PTM. Dirinya juga berpesan agar masyarakat senantiasa menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

“Untuk warga yang terdeksi PTM kita menyarankan agar menjaga kesehatan dan minum obat secara teratur,” ucap Kapus.