Gotong Royong Warga SWARINGIN Wujud Dari Pengamalan Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara kita yang memiliki nilai-nilai luhur karena dalam setiap sila memiliki karakteristik yang dimiliki bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam sila satu sampai sila ke lima memiliki kaitan yang erat.

Gotong royong dan memiliki sikap persatuan salah satu sebagian contoh kehidupan yang memiliki nilai-nilai luhur dari sila ke tiga Pancasila yang akan membawa arah persatuan. Karena Gotong royong inilah yang merupakan tali pemerkuat bangsa Indonesia.

Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan, Pemuda-pemudi Gg. Swasta dan Gg. Beringin (SWARINGIN) Jl. Pancasila, Putussibau, melakukan gotong royong membangun sebuah Gerobak Sahur.

Merujuk pada pemberitahuan dari Kapolsek Putussibau Utara, mambangun sahur on the road diperbolehkan namun dengan beberapa syarat, salah satunya dengan membuatkan gerobak dan pengikutnya sebuah identitas agar tidak adanya orang yang tidak dikenal dalam rombongan tersebut.

Kapolsek menegaskan bahwa dilarang keras penggunaan knalpot racing dengan suara yang keras sehingga dapat mengganggu masyarakat. Kapolsek juga mengatakan bahwa tema sahur on the road pada tahun ini yaitu lancang kuning.

Menindaklanjuti hal tersebut warga  SWARINGIN bergotong royong membangun gerobak bagi yang laki-laki dan perempuan membuat bandana/ikat kepada dengan ciri khas pita berwarna kuning untuk pengenal para pengikut gerobak Sahur SWARINGIN.

Gerobak Sahur on the road merupakan program tahunan bagi Pemuda-pemudi SWARINGIN, dengan diagendakannya sahur on the road ini dan terlihatnya hasil kerja keras pemuda-pemudi SWARINGIN pada tahun sebelumnya, membuat masyarakat tersentuh ingin membantu menyumbangkan baik tenaga maupun finansial bagi pengurus gerobak.  

Untung Hidayat selaku Ketua Pengurus Gerobak SWARINGIN, SH. Mengatakan “Kegotong royongan ini merupakan salah satu wujud dari kerjasama serta wujud kekompakan masyarakayt SWARINGIN dengan warga saling bahu membahu dan bergotong royong dalam pengerjaan. Inilah yang menjadikan bangsa lain iri dengan apa yang ada pada jiwa rakyat Indonesia.”

gotong royong dan sikap adil dalam segala hal inilah yang menjadi budaya bagi bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada warga Swaringin pada khususnya agar tetap dan terus bersinergi dan bersama-sama mewujudkan negara Indonesia yang kuat. (Usmardan)