Pencegahan Dini Covid-19, Puskemas Putusssibau Selatan dan Lintas Sektor Lakukan Sosialisasi

Berbagai langkah antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 atau virus Corona terus dilakukan Puskemas dan lintas sektoral di Kecamatan. Seperti yang dilaksanakan oleh Puskesmas Putussibau Selatan, Sabtu (21/3/2020), Kepala Puskemas Putusssibau Selatan dr. Dasmiati Olfah bersama, Camat, Kapolsek, Danramil melaksanakan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona. Sosialisasi kali ini berbeda dari biasanya, yakni dilaksanakan di jalanan, dengan membagikan pamflet himbauan, serta melakukan praktek cuci tangan menggunakan sabun.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah menyampaikan melalui kegiatan tersebut diharapkan membangun kesadaran masyarakat tentang PHBS. Apalagi ditengah mewabahnya Covid-19.

“Dengan diterapkannya PHBS, maka dapat menjadi tahap awal dari pencegahan penularan virus Corona,” ungkap dr. Olfah.

Menurut Olfah, pencegahan penyebaran virus Corona harus dilakukan secara sinergi dengan lintas sektoral dan didukung oleh masyarakat itu sendiri.”Maka diharapkan masyarakat harus lebih peduli dengan kesehatannya,” tegasnya.

Untuk itu tambah Olfah, dalam penyuluhan PHBS sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyebaran virus Corona, ditekankan kepada masyarakat berbagai hal penting. “Selain itu kita menjelaskan kepada masyarakat agar jangan takut secara berlebihan,” ucapnya.

Ditambahkan dr. Olfah, serangkaian kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan bersama lintas sektoral itu diantaranya sosialisasi tentang PHBS.

Kemudian himbauan kepada masyarakat Putusssibau Selatan mengenai cara pencegahan dini Penularan virus Corona. “Kemudian kita sampaikan 6 (enam) langkah cuci tangan PKI sabun, dan maksud serta manfaat cuci tangan. Selanjutnya sosialisasi etika batuk dan pengunaan masker yang benar,” paparnya.

Kegiatan dihadiri Camat Putusssibau Selatan Rusli Kulya, sekaligus membuka kegiatan. Sedangkan narasumber Utin Kartika, S.KM yang mempraktekan langsung cuci tangan, kemudian menyampaikan sosialisasi tentang etika batuk dalam pencegahan Covid-19.

Selain unsur pimpinan kecamatan Putusssibau Selatan, hadir juga para tokoh masyarakat, mereka menyambut baik atas langkah antisipasi pencegahan dini terhadap penyebaran Covid-19 yang dilakukan Puskemas Putusssibau Selatan bersama lintas sektor itu.