Puskesmas Pengkadan Laksanakan Lokmin Linsek Triwulan I

Lokakarya mini lintas sektor (Lokmin Linsek) triwulan I tahun 2020 pada Puskesmas Pengkadan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan, Selasa (18/2/2020)

Kegiatan yang berlangsung di gedung Serbaguna Kecamatan Pengkadan dipimpin Camat Pengkadan Tabri,S.E, M.A.P, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, yakni Daniel Lase, Kasi Kesehatan Lingkungan.

Adapun tema yang diangkat dalam lokakarya mini intas sektor triwulan I tersebut yakni “Dengan sinergisitas Lintas Sektor kita wujutkan Kecamatan Pengkadan sehat”.

Kepala Puskesmas Pengkadan menyampaikan bahwa, Lokmin lintas sektor itu merupakan sarana untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana peran lintas sektor dalam bidang kesehatan.

“Baik dalam memfasilitasi, mengkoordinasi, mensosialisasi, mengeksekusi dan mengintervensi pembangunan kesehatan di sektor masing – masing sesuai tugas pokok dan fungsinnya,” terang Kepala Puskesmas.

Disamping itu kata dia, lokakarya mini lintas sektor juga merupakan sarana menyampaikan saran, masukan, pendapat, ide untuk kemajuan pembangunan kesehatan  menuju Pengkadan sehat.

“Maka pada lokakarya mini lintas sektor Triwulan I dilakukan evaluasi penilaian kinerja serta penyusunan rencana RPK tahun 2020, dan gambaran untuk RUK tahun 2021 sehinga kegiatan Puskesmas dapat optimal,” jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Puskesmas menambahkan, tujuan lokakarya mini lintas sektor juga untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui kerjasama dan sinergisitas lintas sektor serta dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kecamatan Pengkadan.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Pengkadan Tabri menyampaikan pesan agar lintas sektor di Pengkadan terus meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam mendukung bidang kesehatan.

“Kepada lintas sektor diharapkan lebih di tingkatkan sinergisitas, dukungan dan memfasilitasi semua program kesehatan yang ada desa,” pesan camat.

Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan I Puskesmas Pengkadan dihadiri Kapolsek, Danramil, KUA, PLKB, Kordinator Pendidikan, Kepala BPP, Kepala SMA, Ketua PKK,Kasi Kesra,11 Kepala  Desa se Kecamatan Pengkadan beserta Ketua BPD,Tokoh Masyarakat dan staff Puskesmas, Pustu, Poskesdes dan Polindes Puskesmas setempat.