Kegiatan Adventure Land MAN 1 Kapuas Hulu dibuka oleh Kamabigus.

Pengurus Gugus Depan (Gudep) Soekarno-Fatmawati melaksanakan kegiatan Adventure Land di Soekarno-Fatmawati (SOEKMA) CAMP, MAN 1 Kapuas Hulu, Sabtu, 15/2/2020.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 15 Februari sampai 16 Februari 2020.

Peserta kegiatan Adventure Land adalah anggota Gudep Soekarno-Fatmawati (Calon Penegak Bantara) yang berjumlah 43 orang. Terdiri dari 30 peserta Putri dan 13 peserta Putra.

Kegiatan Adventure Land dibuka oleh Bapak Iskandar Syahputra Gunawan, M. Pd. I, selaku Kamabigus. Dalam sambutannya, Bapak Iskandar menyampaikan 3 poin penting yang harus tertanam pada peserta Adventure Land.

Adapun ketiga poin tersebut adalah “Pramuka harus berlandaskan nilai-nilai yang ada di dalam Dasa Dharma maupun Tri Satya, Ilmu yang sudah didapat di pramuka wajib diterapkan di kehidupan sehari hari. Dan yang terakhir yaitu dengan adanya jiwa pramuka para peserta Adventure Land bisa lebih giat meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik.”

Rangkaian kegiatan dalam Adventure Land yaitu Hasta Karya, Masuk Rimba, Materi SAR dari Tagana yang membahas rescue (Pertolongan Pertama pada korban kecelakaan), dan Adventure. Pada sesi adventure para oeserta diwajibkan melewati setiap pos yang berisikan tentang Sandi dalam Pramuka, Peraturan Baris-Berbaris, yel-yel, dan penerapan sila-sila Pancasila.

Indra Wahyudi selaku Pembina Pramuka Penegak Putra, berharap “para peserta dapat menjadi pramuka bermadarasah, yaitu setiap peserta dapat mengamalkan ilmu Pramuka, namun tidak meninggalkan kewajiban ibadahnya”.

Tujuan dari kegiatan Adventure Land Yaitu :

  1. Untuk mengembangkan sikap takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, teguh, mandiri, peduli, dan bertanggung jawab serta meningkatkan tali persaudaraan.
  2. Untuk memberi bekal dan pengalaman praktis yang mendasar tentang berkemah sebagai kegiatan dialam terbuka dalam rangka menerapkan metode kepramukaan.
  3. Menempa segala kemampuan peserta didik dari beberapa aspek seperti IQ, SQ dan EQ.

(Usmardan).