RAPAT PENYUSUNAN RENCANA KINERJA TAHUN 2021

Dinas Perikanan mulai menyusun rencana program dan kegiatan prioritas untuk tahun 2021. Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perikanan dilakukan di Aula Dinas Perikanan dihadiri oleh Kepala Bidang, Kasubag dan UPT BI Kelansin. Aula Dinas Perikanan Kapuas Hulu Senin (3/02/2020).

Dinas Perikanan merancang program dan kegiatan serta lokasi yang akan di prioritaskan di tahun 2021. Sesuai dengan Rancangan awal RKPD Pemerintah Kapuas Hulu tahun 2021 Dinas Perikanan mentargetkan laju pertumbuhan sektor perikanan sebesar 6,06%. Untuk mencapai target tersebut Dinas Perikanan menetapkan tiga program unggulan yaitu Pengembangan Perikanan Tangkap, Pengembangan Perikanan Budidaya dan Program Pengembangan  Sistem Logisitik Ikan Daerah.

Dari  ketiga program tersebut Roni Januardi berharap dapat meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya dan pengolah sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Perikanan. Tentunya dalam penentuan kelompok sasaran yang akan ditingkatkan sudah ada  dalam Rencana Kinerja (Renja) Dinas Perikanan. 

Selain itu penetukan kelompok sasaran juga disesuaikan dengan lokasi prioritas sesuai Ranwal RKPD Kapuas Hulu tahun 2021 sebanyak 53 Desa yang terdiri dari Desa Sangat Tertinggal,  Tertinggal dan Calon Desa Mandiri. Dalam hal ini menurut Roni tidak semua Desa pada lokasi prioritas dapat diakomodir oleh Dinas Perikanan tahun 2021. Lokasi yang diutamakan adalah Desa yang memiliki potensi perikanan baik perikanan tangkap, budidaya maupun pengolahan hasil perikanan. Sebagian besar lokasi tersebut tersebar Desa – desa di areal Danau maupun Daerah Aliran Sungai (DAS).

Bantuan tersebut dapat berupa peningkatan sarana dan saprasarana baik budidaya, tangkap maupun pengolah. Selain itu juga dilakukan peningkatan produk maupun kualitas pelaku usaha perikanan seperti dengan pelatihan maupun Bimtek. Hasil dari Rencana Kinerja tahun 2021 yang dibuat selanjutnya akan diajukan ke BAPPEDA  Kabupaten Kapuas Hulu sebagai bahan untuk diajukan dalam Musrenbang Kecamatan maupun Kabupaten tahun 2020. Sehingga dengan ditetapkannya  lokasi dan jenis kegiatan tersebut maka setiap Desa dapat dengan mudah melihat atau mengakses program kegiatan Dinas Perikanan tahun 2021.