Puskesmas Empanang Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

Penggalangan kerjasama lintas sektor dalam mendukung bidang kesehatan sangat penting. Untuk itu, upaya tersebut dilakukan Puskesmas Empanang dengan melaksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan I Puskesmas Empanang Tahun 2020, Kamis (30/1/2020). Lokakarya mini lintas sektor pertama di tahun 2020 ini mengangkat tema “Melalui Lokakarya Mini Lintas Sektor, Bersama Dengan Lintas Sektoral Mewujudkan Masyarakat Kecamatan Empanang Yang Sehat Secara Mandiri dan Merata”. Kepala Puskesmas Empanang menyampaikan, tujuan dilaksanakannya lokakarya mini lintas ektor itu untuk menggerakan komitmen bersama agar terus mendukung bidang kesehatan, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Tentu untuk menuju masyarakat Kecamatan Empanang yang sehat, mandiri dan merata. Maka lokakarya ini sangat penting,” tutur Kepala Puskesmas.

Untuk itu lanjutnya diharapakan peran serta lintas sektor untuk terus meningkatkan daya dukungan yang optimal dalam mencegah penularan penyakit DBD di Kecamatan Empanang.

Camat Empanang Drs. Donatus Dudang mengajak seluruh stakeholder terkait di Empanang agar bersama – sama mencegah terjadinya penyakit DBD. “Mari kita sama – sama meningkatkan peran, dalam mendukung upaya kesehatan dalam pencegahan DBD di wilayah Kecamatan Empanang. Kita mulai dari diri sendiri dan keluarga,” ajak Camat.

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada 6 (enam) desa di Kecamatan Empanang, agar melakukan pengadaan alat fogging dalam upaya penanganan DBD. “Ini setidaknya bisa menjadi upaya kita dalam mencegah, sehingga masyarakat tidak terkena DBD,” pungkas Camat.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan bersama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Emapanang. Kegiatan ini dipimpinan oleh Camat Empanang, dengan narasumber Kabid Yankes pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Sutanto, S.A.P,. dan dihadiri oleh Muspika Empanang, para Kepala Desa, Pendamping Desa, BPD, Kepala Sekolah, Ketua PKK, Kader Posyandu dan Petugas Pustu/Polindes di Kecamatan Empanang.