Upaya Pelestarian Seni Jepin Desa Nanga Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu

Harti’ah

Informasi Suhaid. Seperti yang kita ketahui sekarang ini generasi muda yang biasa kita sebut dengan istilah “Kids Zaman Now” Sedang menggandrungi segala hal yang berbau modern. Seperti teknologi, fashion serta budayanya pun sudah mulai mengikuti budaya modern. Tidak dapat dipungkiri bahwa budaya modern tersebut telah menggerus sedikit demi sedikit budaya tradisional atau budaya asli Indonesia itu sendiri.

Contohnya yaitu Seni Budaya Tari Tradisional Indonesia. Sekarang ini lebih banyak generasi muda yang memilih untuk menekuni Tari Modern seperti Kpop, Hiphop, R&B dan lain sebagainya di bandingkan menekuni Tari Tradisional Indonesia yang sebenarnya banyak sekali mengandung nilai moral di setiap gerakannya. Kondisi yang seperti itu yang membuat Tari Tradisional Indonesia semakin tersingkir dari tempatnya.

Oleh sebab itu, banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan dalam melestarikan Tari Tradisional Indonesia termasuk di Suhaid juga selalu berupaya agar Tari Tradisional seperti Tari Jepin tidak tergeser oleh zaman.

“Kami akan mangenalkan jepin kepada generasi muda semaksimal mungkin agar jepin tidak hilang oleh kemajuan teknologi saat ini, karena generasi muda bisa terus mengembangkan jepin ini”. Ungkap Abdurahman Tempel selaku Ketua Sanggar Jepin, Kamis (30/1/2020)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya tradisional , khususnya dibidang seni tari. Marilah generasi muda kita tanamkan cinta akan budaya kita sendiri.