Bupati Nasir Sandang Gelar Pangeran Natakusuma Wibawa

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH menghadiri acara peringatan hari jadi Negeri Nanga Bunut ke 205, yang diadakan di Kecamatan Bunut Hilir, tanggal 28 – 30 Januari 2020 lalu. Pada kegiatan tersebut Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mendapat gelar pangeran natakusuma wibawa.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menuturkan bahwa kunjungannya ke kecamatan Bunut Hilir berkaitan dengan beberapa agenda. Mulai dari kegiatan karnaval tingkat sekolah, jepin bersama, buka atan, peresmian tk dan acara hari jadi negeri nanga bunut. “Selain itu ada pula lomba sampan sebanyak 128 sampan dengan peserta terbanyak dari Bunut Hilir yakni 50 sampan. Berikutnya ada lomba seni pangkak gasing dan lomba pakaian adat,” ujarnya.

Kegiatan di Bunut Hilir ini juga mengangkat tema Bunut Berameh. Sesuai tema tersebut, kata Bupati, tujuannya adalah mengundang pejabat daerah untuk menginap di nanga bunut dan bersilaturahmi dengan warga Bunut Hilir. “Selain itu ada makna lain, supaya generasi muda mengenang kembali masa lalu sejarah lahirnya nanga bunut. Kalau sudah berhasil jangan lupa dengan kampung kelahirannya di Nanga Bunut,’ ujar Bupati.

Disisi lain, Bupati Nasir juga mengharapkan agar kedepannya kegiatan peringatan hari jadi Negeri Bunut dapat kembali dilaksanakan. Rangkaian kegiatannya perlu juga ditambah agar lebih semarak lagi. “Peringatan hari jadi negeri nanga bunut tahun depan harus bisa lebih baik,” ucapnya. (Yohanes/ Humpro Setda-KH).