Cegah DBD Puskesmas Badau Gencar Berantas Sarang Nyamuk

Sebagai langkah antisipasi terhadap penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ada di wilayah perbatasan, Puskesmas Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu menggencarkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Kegiatan yang melibatkan lintas sektor di Kecamatan Badau itu dilaksanakan, Jumat (17/1/2020) lalu.

Kepala Puskesmas Badau dr. Maria menyampaikan bahwa upaya pemberantasan sarang nyamuk yang dilakukan itu untuk memutus rantai penularan DBD dilingkungan masyarakat.

“Sebelum kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dimulai, diawali dengan advokasi oleh saya sendiri selaku Kepala Puskesmas ke kantor Camat,” ungkapnya.

Hal itu tambah dr. Maria agar pihak Kecamatan dapat mengarahkan massa dalam memberantas sarang nyamuk.

“Selain itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan masing – masing,” tegas Kepala Puskesmas.

Dikatakan dr. Maria, kegiatan tersebut disambut baik oleh Camat Badau, dan langsung mengarahkan lintas sektor  untuk bersama-sama melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

“Kita berharap melalui kegiatan ini, bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk di lingkungan masing – masing, guna mencegah timbulnya DBD,” pungkas dr. Maria.

Adapun peserta kegiatan diantaranya, Camat beserta staf, para Kepala Desa dan perangkatnya, jajaran Polsek Badau, Danramil dan jajaran. Selain itu  

Komandan Satgas Pamtas dan anggota, 

Ketua KKP dan staf, Ketua Bea Cukai Badau beserta staf, Kepala imigrasi dan staf.

Staf Karantina Perikanan PLBN, Siswa SMP, SMA, SMK di Kecamatan Badau.