Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Gelar Pertemuan Validasi PIS PK

Peningkatan derajat kesehatan masyarakat terus menjadi fokus perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu. Hal tersebut dilakukan melalui Program Indonesia Sehat (PIS) yang telah dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.

Awal tahun 2020, ini Dinkes Kapuas Hulu menggelar pertemuan Validasi Data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 21 – 24  Januari di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengungkapkan,  PIS – PK dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

“Keberhasilan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga diukur dengan Indeks Keluarga Sehat dengan 12 indikator. Semakin banyak indikator yang dapat dipenuhi oleh suatu keluarga maka status keluarga tersebut akan mengarah kepada Keluarga Sehat,” ungkap Abang Muhammad Nasir.

Sementara itu tambah Plt. Kadinkes semakin banyak keluarga yang mencapai status Keluarga Sehat, maka akan semakin dekat tercapainya Indonesia Sehat. Ditambahkannya untuk mengetahui Indeks Keluarga Sehat Kabupaten Tahun 2019 diperlukan data PIS – PK Triwulan IV periode Oktober sampai dengan Desember 2019 (Sistem aplikasi Downsystem).

“Maka dilakukan dengan cara perhitungan manual agar diperoleh Indeks Keluarga Sehat (IKS) Kabupaten. Maka berdasarkan hal tersebut diatas maka Dinas Kesehatan akan menyelenggarakan Pertemuan Validasi Data PIS – PK,” terangnya.

Adapun dasar hukum pelaksanaan kegiatan yakni  Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kemudian Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman penyelenggaraan PIS – PK.  

“Tercapainya Data Total Coverage pada 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Plt. Kadinkes ini. Peserta kegiatan yakni Pengelola PIS – PK Puskesmas (Admin dan Surveior) pada 23 Puskesmas di Kabupaten Kapuas Hulu. Dengan narasumber Fasilitator PIS – PK Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu.