Puskesmas Embaloh Hulu Jangkau Pelayanan Kesehatan Hingga Ke Daerah Terpencil

Puskesmas Embaloh Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat terus menjangkau pelayanan hingga ke pelosok daerah tersebut. Sebagai Puskesmas yang berada di lini satu Perbatasan RI – Malaysia, Puskesmas Embaloh Hulu komitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat perbatasan.

Seperti yang dilakukan, pada Tanggal 6 – 7 Desember 2017, Puskesmas Embaloh Hulu melakukan pelayanan hingga ke dusun terpencil yakni, Pintas Temberu  Desa Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Tata Usaha Puskesmas Embaloh Hulu Ropina Maria mewakili Kepala Puskesmas menyampaikan selaku petugas kesehatan Puskesmas, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa dan jajarannya, Petugas Kesehatan Desa Ulak Pauk dan seluruh lapisan masyarakat Dusun Pintas Temberu, atas dukungan dan sambutan hangat dalam pelayana kesehatan itu.

“Kegiatan ini merupakan upaya pelayanan kesehatan rutin yang di laksanakan setiap tahun oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Embaloh Hulu, sehingga di harapkan kegiatan ini menjadi salah satu media bagi petugas kesehatan dalam men share informasi bidang kesehatan dan melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan  pengobatan,” tutur Ropina Maria.

Sementara itu, Kepala Dusun Pintas Temberu Agustinus Amin menyampaikan bahwa, masyarakat Dusun Pintas Temberu saat ini berjumlah 20 kepala keluarga (KK) terdiri dari 86 orang penduduk.

Dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Petugas Kesehatan Puskesmas Embaloh Hulu yang telah berkunjung dan memberikan pelayanan kesehatan, dengan mengadakan banyak kegiatan kesehatan.

“Kami sangat senang karena akan diberi beberapa kegiatan pemeriksaan kesehatan, ini sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat kami disini. Harapannya semoga petugas kesehatan lebih sering melakukan kunjungan ke Dusun Pintas Temberu,” ucap Kepala Dusun.

Adapun sasaran kegaiatan yakni seluruh masyarakat di Dusun Pintas Temberu, mulai dari bayi dan balita, penduduk usia 15 – 59 tahun, penduduk usia 60 tahun ke atas dan PUS (Pasangan Usia Subur) Adapun maksud dan tujuan kegiatan diantaranya mengupayakan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan merata di seluruh wilayah kerja Puskesmas Embaloh Hulu.

Kemudian meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat. Untuk itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan petugas kesehatan mampu mendeteksi dini penyakit yang potensial di alami oleh masyarakat, serta meningkatkan wawasan masyarakat mengenai Kesehatan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan Jum’at 6 Desember 2019, Pukul 08.00 pagi Petugas puskesmas berjumlah 20 personil yang terdiri dari, Kepala TU, Dokter, Perawat, Petugas Gizi, Petugas Kesling, Petugas Farmasi, Promkes, Bidan dan ATLM.

Petugas kesehatan berangkat dari Desa Banua Martinus menuju Desa Pauk Setelah sampai di desa tersebut, selanjutnya seluruh petugas melakukan briefing seluruh kegiatan, berangkat menuju pelabuhan speed/lanting, berangkat dari Desa Ulak Pauk menggunakan transportasi air speed boat  dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit, Pukul 11.00 WIB baru Sampai di Dusun Pintas Temberu seluruh petugas berkumpul di GSG pintas temberu Pukul 12.00 WIB Ishoma, kemudian pada Pukul 13.00 WIB seluruh petugas dan masyarakat berkumpul dan kegiatan di mulai dengan Pelayanan kesehatan yang meliputi, Skrining PTM, Skiring Lansia, Pengobatan Gratis, Surveilan Gizi Balita dan Pembagian Biskuit PMT, Pendataan Rumah yang tidak memiliki jamban oleh Petugas Kesling, Pelayanan KB Gratis, Pemberian Hadiah bagi Balita yang Rajin bertimbang di Posyandu Desa Ulak Pauk.

Pada Pukul 15.30 WIB kegiatan selesai kemudian di lanjutkan dengan olahraga bersama masyarakat, Pukul 18.00 Ishoma, Pukul 20.00 dilakukan beberapa kegiatan penyuluhan mengenai, PHBS, Rumah Bebas Asap Rokok dan Pis – PK oleh Petugas Promkes, Keluarga Berencana oleh Bidan, Desa ODF oleh Petugas Kesehatan Lingkungan, Penyuluhan TB oleh Dokter, Jampersal oleh Bidan, Pukul 22.00 Istirahat

Sedangkan Tangga 7 Desember 2019,Pukul 05.00 Persiapan kegiatan senam Jantung Sehat bersama masyarakat dan Pukul 09.00 WIB penutupan kegiatan.