Bupati Buka Pekan Raya Bumi Kasturi ke -5 dan Gelar Teknologi Tepat Guna ke-1

Pekan Raya Bumi Kasturi ke -5 dan gelar teknologi tepat guna ke-1 resmi dibuka Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir, S.H. di halaman Kantor Camat Hulu Gurung seni 9/12/19 dan  akan berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 9 sampai 14 desember 2019.

Pada tahun 2019 ini kegiatan terselenggara berkat kerjasama masyarkat Kecamatan Hulu Gurung dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, event ini juga memadukan kesenian dan budaya lokal serta pameran yang diikuti oleh beberapa OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu yang menampilkan berbagai kerajinan serta bermacam gelar teknologi tepat guna.

Dalam sambutannya camat Hulu Gurung Drs. Baharudin mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah, sebagai upaya evaluasi, motivasi, apresiasi dan publikasi capaian pembangunan desa khususnya program inovasi desa.

Selanjutnya menurut beliau kegiatan ini juga sebagai ajang promosi produk unggulan desa melalui program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta untuk mengupayakan terwujudnya pertukaran informasi, kreatifitas dalam membangun desa dan menjadi momentum sprit membangun desa.

Sementara itu Bupati Kapuas hulu dalam sambutannya mengatakan, Pekan raya Bumi Kasturi ke-5 yang dipadukan denga Gelar teknologi tepat guna yang ke -1 kali ini menjadi sesuatu yang menarik dan sangat strategis, dalam memupuk nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta nilai budaya yang berbasis keunikan lokal termasuk potensi wisata.

Bupati mengharapkan melaui kegiatan  ini, bisa mendorong percepatan kemandirian desa, menciptakan efisiensi biaya produksi dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepada seluruh kepala desa yang hadir pada acara tersebut Bupati kembali mengingatkan untuk mengunakan dana desa sesuai peruntukannya  seperti mebiayai pelayanan sosial dasar masyarakat seperti, pendidikan Paud, Kesehatan dengan menurunkan angka stanting dengan penguatan fungsi posyandu, penerangan denga listrik desa serta keterbukaan informasi melalui pengadaan internet desa dan web desa.

Selanjutnya bupati berharap untuk terus meningkatkan kemampuan dan semangat kepada 4 pilar membangun desa yaitu Kepala Desa dan perangkatnya, Badan Permusyawaratan Desa PKK desa Dan BUMdes, karena menurut bupati jika empat pilar mempunyai kemampuan Kreatif dan Inovatif dibarengi semangat pengabdian akan mampu mempercepat kemandirian desa seperti yang telah ditargetkan oleh Pemda Kabupaten Kapuas Hulu ujar bupati.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPD RI Perwakilan Kalimantan Barat Erlinawati Nasir, S.H.M.AP, PJ. Sekretaris Daerah kab. Kapuas Hulu, Kepala Dinas PMD provinsi Kalbar, Forkompimda kepala OPD dan kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Camat dan Kepala Desa serta tamu undangan se-kabupaten Kapuas Hulu.