Tingkatkan Daya Dukungan Lintas Sektor Terhadap Pelayanan Kesehatan Melalui Lokakarya Mini

Dalam rangka meningkatkan daya dukungan lintas sektor terhadap optimalisasi pencapaian Upaya Kesehatan Bersumberdaya Manusia (UKBM), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Putussibau Utara, Kecamatan Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Lokakarya Mini di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (5/12).

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 67 orang itu mengangkat tema “Dengan Kerjasama Lintas Sektor, Kita Tingkatkan Capaian Standar Pelayanan Minimal dan Derajat Kesehatan Masyarakat Se –Kecamatan Putussibau Utara”

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu (Diwakili Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat), Camat Putussibau Utara, beserta Forum Komunikasi Kecamatan Putussibau Utara, Tim Penggerak PKK Kecamatan Putussibau Utara, Lurah Se Kecamatan Putussibau Utara, Kepala Desa Se Kecamatan Putussibau Utara, Beberapa Kepala Sekolah, Kader Pemberdayaan Desa dan Kader Posyandu,  Serta Tenaga Kesehatan Pustu, Polindes dan Poskesdes Se Kecamatan Putussibau Utara.

Kepala Puskesmas Putussibau Utara Desi Wulantari, S.ST mengungkapkan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan Daya Dukungan Lintas Sektor dalam rangka Optimalisasi UKBM.

“Untuk Mendukung 12 Indikator Keluarga Sehat dan 10 Indikator PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) serta Peningkatan Capaian Pelayanan Kesehatan Dasar,” terang Desi Wulantari.

Kepala Puskesmas berharap, dengan adanya kegiatan lokakarya mini tersebut, peran para pihak dalam mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di Kecamatan Putussibau Utara bisa terwujud, sehingga derajat kesehatan masyarakat terus meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Putussibau Utara RUSDI HARTONO, S.P., M.M. ketika menyampaikan sambutan mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya lokakarya mini itu. Terlebih menurut Camat, Puskesmas Putussibau Utara telah berhasil meraih predikat Paripurna dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI.

“Status Akreditasi Paripurna Puskesmas wajib diimbangi dengan dukungan optimal oleh semua kelurahan dan desa, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat, melalui optimalisasi penyelenggaraan berbagai UKBM di tingkat Kelurahan dan tingkat desa.