Satpol PP Beri Penyuluhan Tentang Keamanan Ketertiban Umum kepada Ratusan Pelajar

By. KIM Juragan.

Generasi muda adalah aset bangsa, kepadanya harapan ditumpu menjadi penerus bangsa. Mengutip dari Soekarno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”

Peran pemuda akan nasib suatu bangsa tertuang dalam kutipan Bung Karno, yang memiliki keyakinan dan percaya jika peran pemuda sangat besar hingga dapat guncangkan dunia.

Pemuda masa kini berbeda dengan pemuda zaman dulu. Dari gaya hidup, perilaku, dan lain sebagainya. Salah satu perbedaan pemuda di Kapuas Hulu masa kini dapat dilihat dari sarana ke sekolah misalnya, sudah jarang dijumpai berangkat ke sekolah dan pulang berjalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Di masa kini sudah banyak pemuda yang diwakili pelajar, yang menggunakan kendaraan bermotor. Oleh karenanya pentingnya merangkul generasi muda ini lewat memberikan penyuluhan agar memahami tata tertib umum.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kapuas Hulu, gelar Penyuluhan Pelajar tentang Keamanan Ketertiban Umum, dalam rangka penyuluhan ketenteraman dan ketertiban umum tahun 2019. Bertempat di gedung SMPN 7 Kecamatan Putussibau Selatan.

Bersinergi dengan pihak Polri melalui Kapolsek Putussibau Selatan dan Puskesmas Putussibau Selatan, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (8/11/2019), pukul 07.30 WIB. Yang diikuti oleh pelajar berjumlah 440 siswa dari Kelas VII, Kelas VIII dan kelas IX.

Materi yang disampaikan ialah tentang peraturan daerah Kapuas Hulu Nomor 9 Tahun 1978, keamanan ketertiban umum dan kebersihan. Penyalahgunaan Narkoba, dan tentang tertib berlalu lintas.

Adapun kegiatan penyuluh bertujuan memberikan pemahaman kepada pelajar atau generasi muda tentang memahami Hak dan Kewajiban sebagai pelajar untuk mewujudkan generasi muda, Kapuas Hulu memiliki Sumber Daya Manusia bermutu dan sebagai generasi penerus bangsa.

Pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat  Kapuas Hulu, mari berkerjasama mengawasi para generasi muda diharapkan semua elemen masyarakat berserta instansi terkait baik formal dan non formal dalam memberikan pemahaman dan bimbingan serta mengayomi serta sama-sama mengawasi para generasi muda Kabupaten Kapuas Hulu. (Ria).