MAN 1 Kapuas Hulu Gelar Peringatan Maulid Nabi SAW

OSIS/MPK Man Kapuas Hulu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Madrasah Aliyah Negeri 1 Kapuas Hulu. Jumat (8/11/2019) .

Kegiatan ini diisi dengan Tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Mawar Susardi, M. Si dan dihadiri seluruh siswa/i MAN 1 Kapuas Hulu yang berjumlah sekitar 414 orang.

Dalam materi yang disampaikan cara mempererat ukhuwah islamiyah diperlukan 4 hal yaitu Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih); Shahihul Ibadah (ibadah yang benar); Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh); Nafiā€™un Lighoirihi (bermanfaat bagi orang lain) / Khoirunnas anfa’uhum linnas.

Kegiatan Peringatan Maulid Nabi dibuka oleh Kepala MAN 1 Kapuas Hulu,  yaitu bapak Iskandar Syahputra Gunawan, M. Pd. I. Setelah Sholat Jum’at pada jam Eskul, jadi tidak mengganggu jam pelajaran pada pagi harinya.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan Tujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki 4 tujuan penting.

“Pertama lisyukri, yaitu sebagai bentuk tasyakur kita kepada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi Muhammad SAW.

Kedua lil imdah, yaitu memuji kepada Nabi Muhammad SAW karena, alam ini tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad, sebagaimana tercantum dalam Hadits Qudsi, laulaka laulaka maa khalaqtu aflak.

Ketiga thalabul ilmi, yaitu mencari ilmu untuk mempertebal keimanan dan aqidah kita terhadap ajaran tauhid Allah, serta pemahaman terhadap hukum-hukum yang ada dalam agama islam.

Tujuan terakhirnya adalah lil uswah, karena sudah jelas di dalam Al-Quran bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi kita semua, laqad jaa a kum rasulum min anfusikum uswatun hasanah paparnya.”

WaKasis MAN 1 Kapuas Hulu yaitu ibu Yeni Budi Hastuti, S.E “Harapan saya untuk para siswa agar semakin mempererat persatuan. Mengingat pada akhir-akhir ini banyak fitnah bertebaran. Umat Islam harus menjadi pelopor persatuan. Oleh karena itu ukhuwah islamiyah harus terus dipererat.

Tradisi saling menyalahkan karena berbeda paham  ditinggalkan. Janganlah mudah menyalahkan golongan lain yang tidak sepaham.” Tambahnya.

Ust. Mawar Susardi, S. Hi. “Semoga peserta kegiatan dapat mengambil hikmah pelajaran dari materi yang disampaikan. Dan diharapkan dapat merealisasikan  makna ukhuwah dan makna esensi akhlak, minimal dari hal yang terkecil.”