Wow! Cahaya Matahari Mampu Ciptakan Hormon Bahagia

Beranjak dari pengalamannya terkena autoimun sistemik, Nurhayati Ayang, ASN di RSUD Putussibau ini, semangat berbagi tentang pentingnya berjemur di bawah sinar matahari bagi kesehatan tubuh, terutama tulang kita.

Vitamin D yang dihasilkan dari matahari (UVB), terdapat kandungan hormon yang bisa membuat bahagia. Mengusir rasa galau, bad mood, dan lain sebagainya.

Cahaya matahari dikenal sebagai vitamin D alami yang juga mampu memproduksi hormon-hormon bahagia seperti dopamine, norepinefrin, dan asetilkolin.

“Vitamin D berperan meningkatkan jumlah serotonin di otak, yang merupakan hormon penghasil perasaan bahagia. Sehingga menjaga gejala depresi,” kata Ayang.

Disampaikan oleh Ayang, manfaat Vitamin D untuk meningkatkan kesehatan tulang, mengatur kadar kalsium dan Fosfor, merupakan dua faktor penting agar tulang tetap Sehat.

“Rajin-rajinlah berjemur agar terpapar sinar matahari pagi, bagian tubuh yang terpapar sinar matahari ialah wajah, tangan, punggung, dan kaki. Jangan takut hitam,” ujarnya.

Selain itu Vitamin D diibaratkan sebagai driver penghantar suplemen sampai ke tujuannya. Tanpa vitamin D ini, maka suplemen ataupun kalsium yang dibutuhkan tubuh tidak terserap dengan sempurna, akan menumpuk dibagian luar. Sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

“Untuk menjaga tulang, bukan hanya kalsium yang dibutuhkan tetapi juga Vitamin D. Keduanya harus seimbang untuk bisa cegah pengeroposan tulang seperti Osteoporosis. Saat Kalsium sudah ada di dalam darah, maka Zat ini siap dibagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan, terutama tulang,” terangnya kepada KIM Juragan.

Di dalam tulang, kalsium akan langsung bekerja memadatkan tulang yang rusak. Dengan begitu, tulang akan lebih kuat dan kokoh, karena itu Vitamin D berperan sangat besar dalam siklus penyerapan kalsium.

Kalsium dan Vitamin D, kombinasi terbaik untuk kesehatan tulang. Untuk menjaga kekuatan tulang, ini artinya kita tidak bisa mengandalkan kalsium saja. Kita harus  memerhatikan asupan Vitamin D juga.

Vitamin D pada Dasarnya bisa diperoleh dengan 3 (tiga) cara yakni dari makanan, melalui Kulit yang terpapar sinar matahari, dan dari Suplemen.

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pada umumnya, termasuk kadar kalsium dan mineral di dalam tubuh, karena vitamin D memiliki banyak fungsi. (Ria).