Festival Danau Sentarum 2019, Danau Unik yang Memiliki Dua Musim

Pic. by, Usmardan.
Laba-laba adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. 

By. KIM Juragan

Putussibau, Info Kapuas Hulu – Festival Danau Sentarum merupakan bagian dari 100 Wonderful Events yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata dan kearifan masyarakat lokal di kabupaten Kapuas Hulu.

Danau Sentarum sendiri merupakan pesona Kapuas Hulu yang masuk ke dalam daftar Wonderful Indonesia, yang memiliki keajaiban dengan dua musim. Kering di saat musim kemarau tiba, dan berisi air di kala musim penghujan.

Masyarakat di sekitar menjadikan hasil alam sebagai penopang hidupnya. Seperti nelayan dan lebah madu tikung. Ikan adalah komoditi yang unggul dari daerah perairan ini. Cara pemeliharaannya disebut dengan penangkaran. Di Dusun Batu Rawan misalnya, Ikan yang banyak ditangkar adalah Ikan Patin dan Ikan Toman.

Selain itu, di kawasan Danau Sentarum terdapat Laba-laba yang bisa dijumpai apabila melakukan Hiking. Sehingga Kapuas Hulu dikenal memiki kekuatan alam, yang harus dijaga dan dilestarikan masyarakat setempat.

Ragam budaya yang akan ditampilkan untuk menyemarakan “Festival Danau Sentarum” tahun ini.Perlombaan dan hiburan telah disiapkan untuk seluruh generasi agar bisa berpartisipasi sebagai upaya melestarikan kearifan lokal masyarakat, dari permainan tradisional, sampai pentas seni budaya akan menghiasi festival.

Festival Danau Sentarum dilaksanakan pada tanggal 25-27 Oktober 2019 di Kecamatan Lanjak, Kabupaten Kapuas Hulu. untuk meyemarakkan ivent kali ini pihak penyelenngara akan mendatangkan artis ibu kota Iva Lola. Adapun  rangkaian acara Festival Danau Sentarum 2019, yaitu Danau Sentarum Cruise, yakni menyusuri tepian Danau Sentarum menggunakan perahu bandong, yang dilaksanakan tanggal 25-27 Oktober 2019. Pentas Seni dan Hiburan Rakyat tanggal 25-27 Oktober 2019.

kemudian Karnaval Budaya pada tanggal 25 Oktober 2019, Pameran Produk Masyarakat tanggal 25-27 Oktober 2019. Pameran Produk Masyarakat 25-27 Oktober 2019. Lomba Olahraga Tradisional yang terdiri dari lomba gasing dan sumpit, tanggal 25-27 Oktober 2019.

Acara ini juga menampilkan kembali Arwana Band, yang diperkirakan tampil pada tanggal 25 Oktober 2019. Perahu Bidar Tradisional pada tanggal 26-27 Oktober 2019. Lomba Masak Tradisional tanggal 14-15 September 2019.

Sebelumya telah dilaksanakan Kontes Arwana Super Red yang merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Danau Sentarum, tanggal 6-7 Juli 2019. Bertempat di Gedung Voli Indoor Putussibau.

Bersepeda di Jantung Borneo III kembali dilaksanakan untuk ketiga pada tanggal 5-7 Desember 2019 mendatang. Cross Trobos tanggal 25 Oktober 2019. Festival Minum Madu 25 Oktober 2019. (Ria).