Intip Persiapan PPNI Kapuas Hulu Jelang HUT ke-45 Provinsi Kalimantan Barat

By. Humas RSUD Putussibau

Putussibau , Info Kapuas Hulu – HUT PPNI ke 45 tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 diselenggarakan di kabupaten Mempawah, perhelatan dua tahun sekali ini sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu, pada HUT PPNI ke 43 tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2017.

Tema HUT ke 45 tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 adalah “Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat” dilaksanakan pada tanggal 15-19 Oktober 2019, di Kabupaten Mempawah.

Sebanyak 14 DPD PPNI terlibat langsung dalam temu akbar perawat seluruh propinsi Kalimantan Barat yang mewakili seluruh kabupaten/ kota yang ada di Kalimantan Barat.

Pertemuan akbar seluruh perawat se-Kalimantan Barat ini dilaksanakan rutin dalam rangka ajang Silahturahim antar sesama sejawat perawat se Kalimantan Barat, update informasi terkini tentang keilmuan keperawatan melalui penelitian, inovasi dan kreatifitas dibidang keperawatan.

Selain itu juga sebagai sarana promosi kepada seluruh lapisan masyarakat kiprah perawat di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan melalui kegiatan Nursing Exfo.

DPD PPNI Kapuas Hulu tidak pernah ketinggalan berpartisipasi dalam perhelatan akbar perawat ini, dengan selalu berperan aktif mengirimkan utusan kontingennya.

Pada HUT PPNI ke 45 di Kabupaten Mempawah tahun 2019 ini mengutus sebanyak 100 orang kontingen yang terdiri dari 65 orang atlit dan paduan suara serta 35 orang official serta penggembira dari beberapa komisariat yang ada di kecamatan se-Kapuas Hulu.

“Bisa saja bertambah lagi peserta penggembira, mengingat besarnya animo dari anggota komisariat untuk ikut berpartisipasi memeriahkan perhelatan temu akbar perawat. Sementara ini total yang berangkat sebanyak 100 orang,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPNI Kapuas Hulu, Joni Cahyadi.

Kegiatan HUT PPNI ke 45 kali ini meliputi beberapa bidang di antaranya: sains dan teknologi keperawatan terdiri dari Temu Ilmiah Keperawatan, Nursing Exfo, Video dan Poster Edukasi Keperawatan.

Bidang olah raga dan seni meliputi perlombaan Volley putra/putri, Futsal Putra,  Badminton beregu, Tenis Meja beregu dan lomba Paduan Suara Mars PPNI.

Bidang perlombaan tradisional meliputi lomba estafet ceria, tarik tambang serta gaplek.

Satu lagi yang mengangkat ciri khas budaya di Mempawah dengan mengadakan Festival Tambol, di mana Festival Tambol ini mengadopsi Festival Kerupuk Basah yang diselenggarakan oleh Kabupaten Kapuas Hulu pada saat HUT PPNI ke 43 tahun 2017 lalu.

Untuk mempertahankan juara umum yang berhasil diraih DPD PPNI Kapuas Hulu pada tahun 2017, maka diselenggarakan persiapan seleksi untuk beberapa cabang lomba.

Seleksi cabang olah raga bola volly putra/ putri Sabtu (14/9), dilaksanakan di gedung Volly Indoor pukul 19.00 WIB. Dilanjutkan hari Senin (16/9), pukul 19.00 WIB.  Kemudian dilanjutkan pada hari Kamis (19/9), pukul 19.00 WIB.

Cabang olah raga Badminton putra/ putri dilaksanakan pada hari Jum’at (20/9) di gedung Badminton Indoor. Untuk cabang olah raga tenis meja putra/ putri seleksi dilaksanakan Sabtu (21/9), bertempat di lapangan Dinkes Kapuas Hulu.

Seleksi cabang olah raga Futsal dilaksanakan hari Senin (23/9) di Sidak Futsal. 

Keberangkatan kontingen DPD PPNI Kapuas Hulu pada tanggal 12 Oktober 2019 yang akan dilepas oleh Bupati Kapuas Hulu pada tanggal 11 Oktober 2019 di Pendopo Bupati Kapuas Hulu.

“Kami berharap selain dapat mempertahankan Juara Umum juga dapat sharing ilmu dan informasi di bidang keperawatan serta mengesksistensikan peran perawat sebagai salah satu yang terbesar dalam menyehatkan keluarga dan masyarakat Indonesia,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPNI Kapuas Hulu, Joni Cahyadi. (Ria).