Bawaslu Kalbar Salurkan Santunan Pada Panwascam Korban Kecelakaan

Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Kalbar menyalurkan santunan tunai kepada jajaran Bawaslu di kabupaten yang mengalami musibah saat melaksanakan tugas pada Pilpres dan Pileg serentak 2019 lalu. Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu turut mendapatkan saluran dana santunan tersebut karena ada beberapa Panwascam yang mengalami kecelakaan ketika melaksanakan tugasnya.

Anggota Bawaslu Kalbar, Syf. Aryana Kaswamayana menyalurkan dana santunan itu kepada Ketua Panwascam terkait, Rabu (4/9) pagi, di kantor FKUB Kapuas Hulu. Penyerahan bantuan tersebut disaksikan Ketua dan anggota Bawaslu Kapuas Hulu, kemudian Kepala Sekretariat Bawaslu Kapuas Hulu beserta seluruh jajarannya.

Anggota Bawaslu Kalbar, Syf. Aryana mengatakan bahwa santunan tersebut merupakan program Bawaslu RI. Santunan itu sebagai wujud kepedulian terhadap seluruh jajaran Bawaslu se Indonesia yang mengalami musibah ketika melaksanakan tugas pada Pemilu serentak 2019 lalu.
“Bantuan ini kita salurkan bertahap, setelah melalui verifikasi oleh tim verifikator, karena dalam pemberian santunan ini juga berdasarkan kategori atau tingkat kecelakaan yang dialami,” ucapnya.

Dari jumlah santunan yang diterima, menurut Aryani itu memang tidak sebanding dengan jasa pengabdian yang telah dilakukan jajaran Bawaslu hingga ke tingkat daerah dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu. “Untuk Kapuas Hulu sendiri dari hasil verifikasi ada 3 anggota yang menerima. Jadi memang proses penyalurannya memerlukan waktu yang agak lama, karena ini keuangan negara yang harus dipertanggungjawabkan secara administratif dan ada lampiran – lampiran persyaratan nya,” papar dia.

Dijelaskan Syf. Aryana, penyerahan santunan untuk Kapuas Hulu ini merupakan gelombang terakhir, setelah dilakukan kegiatan serupa di kabupaten/kota lainnya di Kalbar. “Semoga santunan ini bisa bermanfaat bagi keluarga kita di Bawaslu ini yang menerima, karena kita di jajaran Bawaslu ini prinsipnya merupakan sebuah keluarga besar,” ucapnya.

Disisi lain, Syf. Aryana menyadari bahwa mempersiapkan kelembagaan Bawaslu itu bukanlah pekerjaan ringan, namun harus mengorbankan waktu dan tenaga, terutama pada Sekretariat. Oleh karenanya, ia sampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras semua jajaran di Bawaslu, salah satunya Kapuas Hulu dalam menyukseskan tahapan pengawasan Pemilu dengan baik.

“Kesiapan kita awalnya bagaimana mempersiapkan lembaga ini menjadi permanen, ini kerja sekretariat yang tidak ringan, untuk menuju lembaga yang sempurna. Maka kita harus saling mengisi, untuk mempersiapkan SDM yang handal dalam berkinerja,” tuturnya.

Apalagi sambungnya, Kapuas Hulu akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah di tahun 2020 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panwascam Putussibau Utara Novi mewakili penerima santunan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bawaslu Provinsi yang sudah merealisasikan bantuan untuk anggota Panwascam yang mengalami musibah kecelakaan saat menjalankan tugas Pemilu.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bawaslu, tentunya ini bantuan yang kami terima dengan rasa syukur dan ikhlas, maka hari ini saya merasa bahagia sekali,” ucapnya. (yohanes)