Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu Terus Intensifkan Pelayanan di Kecamatan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu terus mengintensifkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan sistem ‘jemput bola’. Sistem ‘jemput bola’ tersebut adalah pelayanan langsung di Kecamatan dengan menerjunkan petugas berikut perangkat-perangkat pendukung pendataan Adminduk online maupun offline.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu, Usmandi menuturkan, fokus pelayanan pihaknya memang mengedepankan sistem jemput bola. Sehingga masyarakat tidak perlu sulit-sulit harus datang ke Putussibau. “Fokusnya memang kami yang turun ke Kecamatan, supaya warga tidak sulit-sulit lagi bolak-balik ke Putussibau. Sebab biayannya besar, selain memakan waktu dan tenaga,” papar Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu 14 April 2019.

Sepekan terakhir sudah ada beberapa Desa yang disusur tim Dukcapil. Diantaranya Desa Mubung, Mentawit, Hulu Gurung. Ada 11 orang dalam tim tersebut, yang dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk. “Selain itu, ada juga tim yang saya pimpin melakukan pelayanan adminduk di Embaloh Hilir dan Batang Lupar. Lokasi-lokasi itu perlu jemput bola dan kami usahakan pelayanan maksimal,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam pelayanan sistem jeput bola ini, layanan mencakup perekaman KTP Elektronik, pembuatan dan penerbitan akta catatan sipil, perubahan elemen data, cetak kartu keluarga dan pemutahirannya, termasuk cetak Kartu Identitas Anak (KIA). “Semua layanan adminduk yang kami lakukan itu gratis,”. Saat ini, untuk perekaman KTP Elektronik sudah diatas 100 persen. Pencetakan KTP Elektronik pada Tanggal 23 Februari 2019 juga sudah tuntas 100 persen. “Jadi untuk proses KTP Elektronik saat ini sudah bisa langsung cetak,” tegas Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu. (yohanes / Doc. Bidang SAI-DKIS)

Berita Lainnya

Pelepasan Siswa/Siswi Kelas IX SMPN 01 Empanang

Sekretaris Kecamatan Empanang bapak Akuarius Medang, S.Pd dan Kasi Kesra Sema Yasinta, Amd.Kep menghadiri Undangan pelepasan siswa/siswi SMPN 01 Empanang. Kegiatan dilaksanakan

Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN

Camat Empanang Menghadiri Undangan dari PT.Buana Tunas Sejahtera, PT Sentrakarya Manunggal, PT Mandala Intan Jaya mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN. Dalam rangka

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy