Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu lakukan kegiatan Pendampingan Pengukuran Kinerja dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Batang Lupar. Kegiatan Pendampingan Pengukuran Kinerja dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik ini dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu Kapuas Hulu, Selasa (15/10/2024).
Kegiatan Pendampingan Pengukuran Kinerja dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada hari ini dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Y. SINTAN, S.E., M.Ec.Dev., Analis Kebijakan Ahli Muda Gita Suriana, S.E.,M.A.P. beserta beberapa staf dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan seluruh staff Kantor Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu.
Dalam penjelasannya, Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya bersama rombongan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu adalah untuk melakukan Pendampingan Pengukuran Kinerja sebagai salah satu Instrumen atau bagian dari aspek SAKIP yang wajib dilaksanakan serta melakukan juga pendampingan Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang ada di Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu khusus nya di Kecamatan. Untuk beliau meminta agar para personil Kantor Kecamatan Batang Lupar yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.
Dan dalam pemaparan materi oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Gita Suriana, S.E.,M.A.P., beliau memaparkan bahwa penting nya Pengukuran Kinerja ini agar dalam melakukan Monitoring dan Evaluasi Kinerja di setiap triwulan nya mempunyai hasil kualitas pengukuran kinerja yang baik sesuai dengan standar yang berlaku. Beliau menyampaikan bahwa kita perlu memahami dengan baik Perjanjian Kinerja yang telah dibuat agar realisasi kinerja dari level staf, Kasubbag, Kasi maupun Sekcam sungguh-sungguh dapat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Pimpinan dalam hal ini Camat. Beliau juga menyampaikan agar apapun yang dikerjakan oleh staf, Kasubbag maupun Kasi atau pun Sekcam sungguh-sungguh selaras dengan Indikator Kinerja Camat. Beliau menyampaikan juga perlu nya melakukan Evaluasi berkala dari level staf terlebih dahulu hingga ke level pimpinan agar pengukuran kinerja dapat lebih maksimal dan terarah. Beliau juga menyampaikan terkait Penyelenggaraan Pelayanan Publik perlu dipahami bersama terkait aspek dan prinsip pelayanan publik yang meliputi : Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, SIPP, Konsultasi Pengaduan dan Inovasi. Beliau mencontohkan salah satu bukti pelayanan publik bukan hanya pelayanan yang diberikan saat Masyarakat datang kekantor tetapi seperti fasilitasi penyaluran Bantuan baik Bansos atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) merupakan salah bentuk pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan kepada masyarakat. Beliau juga mengingatkan bahwa ditahun 2025 akan di adakan nya penilaian terhadap Pelayanan Publik untuk itu diharapkan apa yang menjadi catatan tentang pelayanan publik dapat dilengkapi perlahan dari sekarang agar pada saat penilaian nanti dapat lebih maksimal.
Kegiatan berlangsung aman dan lancar, dilaksanakn sekitar jam 13.30 WIB, diawali sambutan Sekcam Batang Lupar, dilanjutkan sambutan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Tim dari Bagian Organisasi.