Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu, Serli, S.Sos., M.M., bertindak selaku Pembina Apel Pagi di lingkungan Dinas Perhubungan pada senin (26/5/2025). Dalam amanatnya, beliau menyampaikan sejumlah pesan penting yang menekankan kedisiplinan, tanggung jawab, serta etos kerja Aparatur Sipil Negara (ASN).
Mengawali sambutannya, Kadishub Kapuas Hulu mengucapkan selamat kepada 12 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 4 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru saja menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai ASN. Ia berharap pengangkatan tersebut menjadi momentum untuk bekerja lebih profesional dan berdedikasi.
Kadishub juga menegaskan kembali pesan Bupati Kapuas Hulu, yang mengingatkan agar ASN tidak hanya datang ke kantor untuk “setor muka”, lalu menghilang tanpa kejelasan. “Kita bukan lagi berada di masa kerja yang serba longgar, kehadiran dan tanggung jawab harus menjadi komitmen utama,” ujarnya.
Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan, Kadishub Kapuas Hulu menekankan pentingnya mengikuti apel pagi dan pulang secara aktif, meskipun saat ini apel baru dijadwalkan setiap hari senin. Ia menyampaikan bahwa rekap absensi apel akan dievaluasi setiap bulan dan disampaikan langsung ke Bupati melalui BKPSDM Kabupaten Kapuas Hulu. Evaluasi ini akan menjadi dasar dalam penerapan kebijakan reward maupun punishment.
“Bekerjalah dengan hati, pikiran yang jernih, dan sikap terpuji. Jangan membawa emosi dalam pekerjaan,” tambahnya. Ia juga mengingatkan agar ASN menghilangkan ego pribadi, almamater, dan merasa paling pintar, karena sebagai ASN, hampir 90 % seluruh kebutuhan dan kewajiban telah ditanggung oleh negara dan daerah.
Mengakhiri amanatnya, Kadishub Kapuas Hulu menegaskan bahwa kedisiplinan dan loyalitas bukan sekedar formalitas, tetapi bagian dari tanggung jawab moral dan profesional sebagai pelayan masyarakat.
Apel pagi ini diikuti oleh seluruh jajaran Dinas Perhubungan Kapuas Hulu dengan tertib dan penuh semangat, mencerminkan komitmen bersama dalam membangun budaya kerja yang disiplin dan profesional.