Cegah DBD, Nakes Puskesmas Empanang Melaksanakan PE di Desa Keling Panggau

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dalam rangka mencegah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Empanang, tenaga kesehatan Puskesmas Empanang melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) di Desa Keling Panggau Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (7/2/2023).

Kegiatan tersebut untuk menekankan kepada masyarakat mengenai Pentingnya 5 langkah pencegahan DBD.

Penanggung jawab/pelaksana kegiatan tenaga kesehatan Puskesmas Empanang yaitu Bf. Ella dan Tina. Hadir kepala Desa Keling Panggau, Masyarakat dan Bidan Desa setempat.

Sementara itu, Plt Kepala Puskesmas Empanang menyampaikan bahwa, Penyelidikan Epidemiologi tersebut bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD lebih lanjut serta penanggulangan yang diperlukan di wilayah sekitar tempat tinggal penderita

“Diharapkan dengan adanya Penyelidikan Epideomiologi Masyarakat waspada sedini mungkin terdapat penyakit DBD, dengan memeriksa jentik, menguras bak mandi seminggu sekali, menggunakan kasa nyamuk, menggunakan lation atau kada nyamuk, jangan menumpukan/menggantung baju terlalu lama,” pesan Plt Kapus Empanang.

Dari hasil penyelidikan epidemiologi, Tenaga Kesehatan Puskesmas Empanang menemukan seorang warga berusia 31 tahun di Desa Keling Panggau, dengan Riwayat perjalanan, pasien tersebut baru pulang dari Putussibau seminggu yang lalu demam 2 hari, lalu berobat ke Puskesmas, pasien tidak mau dirawat.

Dari hasil pemeriksaan Igg anti Dungue Positif IGm anti Dungue : Negative NS1.

 

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy