Kalak BPBD Hadiri Apel Besar Peringatan HUT ke 61 Gerakan Pramuka Indonesia

Facebook
Twitter
LinkedIn
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, S.Sos menghadiri apel besar peringatan HUT ke 61 Gerakan Pramuka Indonesia yang di pimpin langsung oleh Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, H. Ria Norsan. Kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Rimba Laung, desa Temuyuk, kecamatan Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  Selasa (30/8/2022).
Kegiatan itu dihadiri perwakilan Pengakab Negeri Serawak, pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka se-Kalbar juga Kwaran se- Kapuas Hulu.

Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan apel besar dalam rangka HUT Pramuka diadakan di lokasi Rimba Laung yang luasnya kurang lebih 9 Hektare. Lokasi Bumi Perkemahan (Buper) kali ini adalah tanah pengadaan dari desa Temuyuk. “Lokasi ini dijadikan bumi perkemahan dengan melibatkan 1000an peserta,” ucapnya.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, HUT Pramuka sebetulnya jatuh pada tanggal 14 Agustus, namun karena beberapa hal baru dilaksanakan saat ini. Hal tersebut tidak mengurangi makna peringatan HUT Pramuka yang sebenarnya.
“Kita laksanakan peringatan hari Pramuka ini sesuai waktu yang ada. Semoga dengan peringatan HUT Pramuka ke 61 ini, kita semua bisa lebih memajukan Pramuka di Indonesia, khususnya Kalbar,” tegas Syarif.
Sejauh ini, kata Syarif, banyak program yang telah dijalankan Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar. Satu diantaranya, Kwarcab se Kalbar sudah dilantik kemudian mengikuti Jambore Nasional.  “Pada hari ini pihak Pengakap Negeri Serawak Malaysia juga memberi beri ikat pinggang emas kepada Pramuka Kalbar,” tuntasnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Mabida Kalbar, H. Ria Norsan mengapresiasi Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu yang menjadi tuan rumah Apel Besar HUT Pramuka ke 61. Ia menilai kegiatan cukup semarak. “Perkemahan hari ini cukup semarak dan meriah,” tegasnya.
Norsan juga menuturkan peringatan Pramuka ke 61 mengangkat tema mengabdi tanpa batas untuk pembangunan pengetahuan bangsa. Ia mengajak seluruh unsur pramuka di Kalbar memberi empati kepada masyarakat yang membutuhkan.
“Kita berharap kedepannya  Pramuka semakin jaya dan dapat mengabdikan diri ditengah masyarakat yang butuh pertolongan,” ucapnya pria yang juga Wagub Kalbar ini.
Terkait kegiatan kepramukaan, kata Norsan, Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar telah mengirim 224 penggalang putra dan putri ke Jambore Nasional. Peserta tersebut dari 14 kwarcab se Kalbar. “Selain itu ada 28 orang pembina yang juga ikut ke Jambore Nasional,” ujarnya.
Norsan juga mengapresiasi kedatangan Pengakap Negeri Serawak, Malaysia. Ia juga menegaskan akan ada lawatan balasan dari Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar. “Kami apresiasi Pengakap Negeri Serawak yang hadir di Kapuas Hulu. Nanti kami akan berkunjung balik ke sana,” tegasnya. (YB)

Berita Lainnya

Bupati Kapuas Hulu Hadir Dalam Rapat Paripurna

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,S.H., M.H hadir dalam Rapat Paripurna Jawaban/Tanggapan Bupati Kapuas Hulu terhadap pandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy