DPUPR Lakukan Pembinaan Jasa Konstruksi Tingkat Desa di Nanga Yen Hulu Gurung

Facebook
Twitter
LinkedIn

PUTUSSIBAU– Dalam rangka kegiatan sinergitas pembinaan jasa konstruksi tingkat desa dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kabupaten Kapuas Hulu bersama dengan dinas pemberdayaan masyakat desa serta Inspektorat Kabupaten Kapuas Hulu duduk bersama-sama  melakukan kegiatan Sinergitas pembinaan jasa konstruksi di Halaman Kantor  Desa Nanga Yen pada Kamis (28/07/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat desa memahami bagaimana cara merancang dan membuat beton yang benar. Sekretaris Desa Nanga Yen dalam sambutannya menyambut baik dan berterima kasih kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atas pelaksanaan kegiatan ini didesanya.

Sekretaris berharap kepada undangan yang hadir pada kegiatan ini agar benar mengikuti rangkai kegiatan ini dengan serius dan sampai selesai agar ilmu yang diberikan ini bermanfaat bagi masyarakat demi pembangunan kedepan didesa Nanga Yen.

H. Baharudin.Sos. selaku Camat Hulu Gurung mengapresiasi dan selalu mendukung kegiatan ini diadakan di wilayahnya, besar harapan Camat agar nantinya kedepan semua jalan yang ada di desa tidak dikerjakan dengan asal-asalan. Dengan adanya pembinaan jasa konstruksi tingkat desa ini masyarakat memahami tentang material dan campuran mutu beton sesuai dengan satandar SNI.

“Maksud dan tujuan datang kedesa ini bukan untuk menggurui bapak dan ibu semua tetapi kami membagikan informasi dan membagikan pengalaman serta pengetahuan tentang campuran mutu beton yang sesuai dengan standar, memang untuk pengalaman bapak – bapak lebih banyak,kami disini bertujuan untuk melatih masyarakat desa dalam campuran beton menggunakan material yang sesuai sehingga menghasilkan beton yang direncanakan” ucap Marthen S.T.M.T selaku Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kapuas Hulu.

Ir.H. M.Sayuti selaku perwakilan Irban 4 Inspektorat Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan agar perangkat desa serta masyarakat desa masyarakat desa harus memahami peraturan-peraturan  yang beralaku tentang kegiatan pembangunan didesa.

Irban memberikan contoh dasar untuk pemeriksaan kegiatan fisik yang dilakukan didesa adalah Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2019 tentang pengadaan Barang dan Jasa di desa, mungkin kedepannya Inpektorat akan melakukan pemeriksaan kegiatan fisik dengan mengacu pada mutu pekerjaan beton.

Gusti Aisamudin,S.T. selaku Jabatan Fungsional Pembina Jasa Konstruksi muda menjelaskan tata cara membuat campuran beton yang baik dan benar. Kegiatan pembinaan jasa konstruksi bertujuan untuk melatih masyarakat dalam pencampuran beton menggunakan material yang sesuai dengan spesifikasi teknis sehingga menghasilkan beton dengan mutu yang direncanakan sesuai dengan SNI.

“Setelah kegiatan pembinaan ini, diharapkan seluruh masyarakat khususnya pelaksana pembangunan di desa dapat memahami material yang sesuai dalam membuat campuran beton yang baik dan benar sehingga mutu beton yang direncanakan dapat tercapai sesuai dengan mutu perencanaan” tutur Gusti saat menyampaikan materi.

Setelah selasai, acara dilanjutkan dengan praktek membuat campuran beton dalam 3 (tiga) sampel uji slump. Dalam praktek ini, peserta dapat melihat langsung secara visual kekentalan campuran beton yang baik sesuai dengan standar, menambahkan air yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair, yang mempuyai nilai slum test 6-18 cm sesuai dengan yang disyaratkan dalam SNI. (LP)

 

Berita Lainnya

Bupati Kapuas Hulu Hadir Dalam Rapat Paripurna

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,S.H., M.H hadir dalam Rapat Paripurna Jawaban/Tanggapan Bupati Kapuas Hulu terhadap pandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy