Cegah DBD, Nakes Puskesmas Semitau Adakan PE di Desa Marsedan Raya

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dalam upaya meningkatkan peranserta masyarakat mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di beberapa desa wilayah Kecamatan Semitau, tenaga kesehatan Puskesmas Semitau melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) Penyakit Potensi KLB (Kejadian Luar Biasa) dan penanganan KLB.

Kegiatan PE pada hari Kamis (28/7/2022) berlangsung di Desa Marsedan Raya Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu. Dihadiri oleh Kepala Puskesmas Semitau PJ P2 beserta jajaran. Adapun rumah tangga yang dilaksanakan penyelidikan epidemiologi yakni 3 kepala keluarga (KK)

Sementara itu, Kepala Puskesmas Semitau menyampaikan, Penyelidikan Epidemiologi dilaksanakan untuk mengetahui lebih lanjut tingkat atau potensi terjadinya penyakit DBD dilingkungan masyarakat yang disebabkan perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, khusunya bagi rumah tangga sasaran.

“Diharapkan dengan adanya penyelidikan kasus epidemiologi DBD dapat menjadi salah satu upaya penanggulangan kasus DBD di Desa Marsedan Raya, dengan melakukan penanggulangan kasus sebagai upaya pemutusan rantai penularan,” kata Kapus.

Kapus menyampaikan dari hasil penyedilikan epidemiologi di rumah penderita DBD ditemukan jentik pada tong penampungan air hujan namun kurang dari 5 persen, dari luas bangunan keseluruhan sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil PE negatif.

“Akan tetapi sebagai tindak lanjut pencegahan dari pihak puskesmas akan mengadakan penyuluhan disetiap posyandu yang ada di Kecamatan Semitau dengan memberikan edukasi berupa pemberantasan sarang nyamuk 3M Plus serta akan dilakukan pembagian bubuk abate (abatesasi),” tuntas Kapus Semitau.

 

Berita Lainnya

Bupati Kapuas Hulu Hadir Dalam Rapat Paripurna

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,S.H., M.H hadir dalam Rapat Paripurna Jawaban/Tanggapan Bupati Kapuas Hulu terhadap pandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy