Nakes Puskesmas Kalis Ingatkan Calon Pengantin Pentingnya Vaksinasi Tetanus Toxoid

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tenaga Kesehatan Puskesmas Kalis melaksanakan Vaksinasi Tetanus Toxoid Pada Calon Pengantin di Puskesmas Kalis, Selasa (19/7/2022).

Penanggung jawab/pelaksana kegiatan tenaga kesehatan Puskesmas Kalis yakni Natalia, A.Md.Keb dan Novita Sari, A.Md.Keb. Sementara itu, Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, S.Tr.Keb menjelaskan, Vaksinasi Tetanus Toxoid Pada Calon Pengantin bertujuan untuk mencegah infeksi Tetanus pada vagina.

“Manfaat suntik tetanus sebelum menikah sebenarnya sudah bisa dirasakan oleh wanita sejak malam pertama,” jelas Kapus.

Disampaikan Kapus bahwa, suntik tetanus bisa mencegah infeksi bakteri clostridium tetani ( bakteri penyebab tetanus) pada vagina. Saat melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya.

Dengan di vaksin tetanus toxoid mencegah terjadinya infeksi tetanus pada vagina saat pertama kalinya berhubungan intim dengan suami, ibu hamil memiliki imun terhadap infeksi tetanus yang diperlukan saat proses persalinan persalinan yang dilakukan episiotomi atau pemotongan kulit vagina untuk melebarkan jalan lahir, pada wanita yang disuntik tetanus toxoid akan memberikan kekebalan pada janin sehingga dapat mengurangi resiko terkena infeksi tetanus saat pemotongan tali pusar.

“Dengan disuntiknya vaksin tetanus toxoid untuk mencegah penyakit tetanus pada ibu hamil yang melahirkan dan bayi yang dilahirkan .suntik TT adalah immunisasi tetanus toxoid pasien akan diberi vaksin berupa bakteri clostridium tetani yang dilemahkan, dengan harapan suntik TT membentuk antibodi,” papar Kapus.

Untuk itu Kapus menghimbau, sebelum menikah, pemberian vaksin Tetanus Toxoid untuk mencegah penyakit tetanus diwajibkan.

 

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy