Kabid Kesmas Hadiri Rapat Lintas Sektor di Kecamatan Selimbau

Facebook
Twitter
LinkedIn

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto, SKM menghadiri menghadiri Rapat lintas Sektoral yang dilaksanakan Puskesmas Selimbau pada Rabu (8/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ade Hermanto mengatakan bahwa rapat tersebut dalam rangka pembelajaran dari kasus kematian ibu yang terjadi pada tanggal 31 Mei 2022 di wilayah Kecamatan Selimbau.

“Setiap terjadi kasus AKI (Angka Kematian Ibu) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana selalu melaksanakan kegiatan rapat pembahasan/pembelajaran dari kasus kematian tersebut,” terang Ade Hermanto.

Disampaikan Ade, rapat dilaksanakan dengan tujuan agar kasus kesakitan dan kematian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Dimana Rapat diawali dengan pembahasan kronologi kasus, pengkajian sebab kematian yg bisa dsn tidak bisa dicegah, dan di akhiri dengan kesepakatan.

“AKI merupakan raport kita bersama, mulai dari Bupati, Kadis, camat, Kepala puskesmas dan kades,” ujar Ade Hermanto.

Selain itu kata Ade, angka kematian ibu juga mempengaruhi Indek Pembangunan Manusia Kapuas Hulu, oleh karena itu semua wajib bertanggung jawab terhadap kesehatan ibu dan anak di wilayah masing – masing.

“Agar tidak terjadi kasus kematian yang sama,” harap Ade.

Rapat diakhiri dengan penandatanganan MOU kemitraan Bidan dan Dukun yang dipimpin oleh camat Selimbau. Dengan adanya MOU tersebut, mempertegas bahwa dukun memang tidak berwenang dalam menolong persalinan langsung, tetapi sifatnya membantu, karena yang boleh menolong persalinan hanya tenaga kesehatan.

 

Berita Lainnya

Bupati Kapuas Hulu Hadir Dalam Rapat Paripurna

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,S.H., M.H hadir dalam Rapat Paripurna Jawaban/Tanggapan Bupati Kapuas Hulu terhadap pandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy