Pelayanan Kesehatan pada Lansia di Desa Rantau Bumbun

Untuk mengoptimalkan kontrol kesehatan masyarakat lanjut usia, tenaga kesehatan Puskesmas Kalis terus mendorong partisipasi masyarakat untuk datang ke pelayanan Posyandu Lansia yang dilaksanakan sesuai jadwal.

Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, S.Tr.Keb menjelaskan, Posyandu lansia adalah wadah pelayanan untuk warga lanjut usia yang terus digerakkan untuk masyarakat.

Seperti halnya pelayanan Posyandu Lansia  di Dusun Krean Desa Rantau Bumbun Kecamatan  Kalis Kabupaten Kapuas Hulu pada 15 Juli 2021

“Pelayanan masyarakat Lansia di Posyandu ini dalam upaya kita mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya masyarakat usia lanjut,” terang Kapus.

Penanggung jawab/ pelaksana kegiatan Juli Astutik, A.Md.Keb, Atiti Sentosa Aseng, A.Md.Kep, Seripah Nurjanah, A.Md.Keb. Dengan sasaran  Pra-Lansia(45-59 th) Lansia (60-69 th)  dan Lansia Risti (> 70 th) dengan jumlah Lansia hadir 8 orang.

Dengan Pelaksanaan Pelayanan Posyandu Lansia, diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan pada lansia dan meningkatkan kesadaran akan kesehatan serta kesejahteraan di usia lanjut pada lansia di Dusun Krean Desa Rantau Bumbun Kecamatan Kalis.

Dengan harapan melalui pelayanan kesehatan di Posyandu Lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lansia yang mandiri dalam masyarakat.

“Dapat meningkatkan kesadaran lansia untuk membina sendiri kesehatannya serta peran serta keluarga dalam mengatasi kesehatan usia lanjut,” kata Kapus.

Kapus Kalis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Rantau Bumbun dan aparatur desa setempat yang telah mendukung terlaksananya pelayanan kesehatan kepada masyarakat Lansia di desa setempat.

“Kita berharap agar masyarakat Lansia tetap peduli dan selalu menjaga kesehatan,” tuntas Kapus.