Puskesmas Kalis Laksanakan Pertemuan Kemitraan Bidan dan Dukun Bayi di Desa Semerantau

Tenaga kesehatan Puskesmas  Kalis Kabupaten Kapuas Hulu menggelar pertemuan Kemitraan Bidan Dukun bersama masyarakat Desa Semerantau Kecamatan Kalis, Senin (22/6/2021).

Penanggungjawab/pelaksana kegiatan yakni Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, A.Md.Keb, didampingi tenaga kesehatan Puskesmas Kalis Riastiti, A.Md.Keb dan dr. chelsi Irene Angela.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, A.Md.Keb mengatakan, kegiatan Kemitraan Bidan dan Dukun itu untuk meningkatkan akses ibu dan bayi terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Kemudian meningkatkan peran dukun peraji dari penolong  persalinan menjadi mitra Bidan. Maka puskesmas Kalis mengadakan kegiatan kemitraan Bidan dan Dukun,” kata Kapus.

Untuk itu kata Kapus, diharapkan dengan kegiatan kemitraan Bidan dan dukun dalam rangka percepatan penurunan angka kematian ibu( AKI) dan penurunan angka kematian bayi (AKB)

“Serta untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pertolongan persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang optimal,” ucap Kapus.

Kegiatan dihadiri juga oleh Kepala Desa Semerantau Ujai Rajali, Dukun bayi, Bidan Desa Semerantau Fuji Astuti, A.Md.Keb

Sementara itu, Kepala Desa Semerantau menghimbau kepada seluruh dukun peraji agar bisa bermitra dengan bidan di wilayah Poskesdes Semerantau.

“Melalui mekanisme kerja sama yang saling menguntungkan. Dengan demikian diharapkan kegiatan tersebut dapat menurunkan bahkan tidak ada lagi kematian ibu dan bayi di wilayah poskesdes Semerantau,” harap Kades.