Layanan Administrasi Kependudukan Sampai ke Desa-Desa

Kepala Bidang Pelayanan Dan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu, Walidad, mengatakan bahwa pelayanan jemput sudah berjalan dari Januari sampai April 2021. Ada beberapa kecamatan sudah dilakukan pelayanan tersebut, terakhir di kecamatan Putussibau Selatan.

“Ada tiga titik desa kita kunjungi, untuk kecamatan Putussibau Selatan yaitu desa Nanga Erak, desa Suka Maju dan terakhir di desa Sayut,” ucapnya saat di temui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Jumat (7/5/2021).

Walidad mengatakan pelayanan tersebut untuk semua administrasi kependudukan, diantaranya perubahan data pada kartu keluarga, perekam, kartu identitas anak dan juga akte yang mencakup beberapa akte, ada akte kelahiran, akte nikah dan akte kematian.

“Sedangkan untuk kendala selama melakukan pelayanan jemput bola selama ini tidak ada,” ucapnya.

Disdukcapil memberikan pemahaman betapa pentingnya administrasi Kependudukan. Pasalnya dalam setiap urusan ke instansi atau lembaga, itu tidak terlepas dari administrasi kependudukan. “Masyarakat mungkin memiliki keterbatasan waktu tempat dari lokasi ke Kabupaten. Itulah dasar kita melakukan pelayanan jemput bola,” ucapnya.

Walidad mengharapkan masyarakat dapat menyempatkan diri meluangkan waktu, saat pihaknya turun melakukan jemput bola ke lapangan. Sehingga tidak perlu lagi ke Putussibau dan menyita waktu dan tenaga.

“Karena kalau mereka datang ke Putussibau tentu mengorbankan waktu, biaya serta tenaga juga, jadi kesempatan pada saat kita melakukan pelayanan di lapangan,” ucapnya.

Selama ini, kata Walidad, masyarakat cukup aktif dan antusias. Pihaknya juga sempat menginap beberapa malam, untuk melakukan pelayanan kependudukan, bahkan sampai malam pun masih melakukan pelayanan.

“Jadi tidak ada batasan waktu,” tuntasnya. (Yohanes)