Wujudkan Merdeka Belajar di tengah Pandemi Covid-19

Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Mei sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional. Peringatan tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa Ki Hadjar Dewantara, tokoh pendidikan Indonesia. Dunia pendidikan Indonesia saat ini tengah terpuruk dengan adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, mengatakan bahwa semangat peringatan Hari Pendidikan Nasional harus tertanam di setiap guru, sebagai penerus semangat Ki Hadjar Dewantara. Meski kondisi sulit karena Covid-19, program merdeka belajar harus tetap diperjuangkan bersama-sama.

“Ditengah Pandemi COVID 19,.dunia pendidikan harus mencari cara yang tepat untuk melaksanakan proses belajar mengajar, agar program merdeka belajar dapat diwujudkan,” tegasnya, Senin (3/5/2021).

Kusnadi menuturkan dengan bergerak bersama dunia pendidikan harus tetap berjalan. Dengan begitu generasi muda tetap mendapatkan haknya dalam menimba ilmu. “Peran kita semua adalah bagian terpenting dari program merdeka belajar,” ujarnya.

Kusnadi menambahkan dunia teknologi sudah memberikan ruang untuk semua pihak agar bisa terus mencari ilmu dan informasi untuk meningkatkan wawasan. Guru, siswa dan orang tua, mau tidak mau harus menyesuaikan dengan kondisi terkini. “Selamat hari pendidikan, serentak kita bergerak wujudkan merdeka belajar,” tuntasnya. (yohanes)