Tim Pengujian Konstruksi Lakukan Dynamic Cone Penetration Test di Ruas Jalan Na. Manday – Na. Embaloh

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id – Tim Pengujian Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, melakukan Dynamic Cone Penetration (DCP) test di Ruas Jalan Na. Manday – Na. Embaloh, Jum’at – Sabtu (16/04/2021 – 17/04/2021). Pengujian DCP disaksikan langsung oleh Direksi Teknis dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan SDA Kab. Kapuas Hulu dan Konsultan serta pihak Pelaksana yaitu PT. Tanabi Citra Mandiri.

Sesuai dengan surat permohonan yang disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air oleh pihak pelaksana pekerjaan. DCP test dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah pada lokasi pekerjaan tersebut. Menurut Kepala Seksi Pengujian Konstruksi yang pada kesempatan itu mengikuti pengujian tersebut, Gusti Aisamuddin, S.T. “DCP test ini dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah yang ada di lapangan, dengan mengetahui daya dukung tanah tersebut kita dapat menentukan layak atau tidak tanah tersebut untuk dilakukan pekerjaan peningkatan struktur diatasnya“.

Tim pengujian konstruksi berangkat dari Putussibau pukul 08.00 WIB menuju lokasi. Sesampai di lokasi tim pengujian konstruksi melakukan DCP test, jumlah sampel yang diambil pada ruas jalan Na. Manday – Na. Embaloh sebanyak 27 titik dengan jarak per 200 meter. Meskipun pengujian dilakukan saat puasa, tidak menyurutkan semangat tim pengujian untuk melakukan pengujian secara totalitas tanpa batas. (Valeee)