Disdukcapil KH Layani Admiduk Lewat WhatsApp

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu tetap aktif melayani kebutuhan administrasi kependudukan ditengah pandemi Virus Corona Disease 2019 (Covid-19). Proses adminduk tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan pysical distancing.

Disdukcapil Kapuas Hulu menyediakan layanan whatsapps bagi masyarakat untuk tetap mendapatkan pelayanan adminduk yang murah dan cepat. “Kita sudah siapkan akun WA, ada 6 akun yang aktif melayani kebutuhan adminduk masyarakat Kapuas Hulu,” ucap Usmandi, Kepala Disdukcapil Kapuas Hulu. 

Usmandi menjelaskan setiap akun WA tersebut ada opratornya masing-masing. Setiap akun juga melayani adminduk tertentu, seperti kepengurusan akta lahir dan kematian itu satu akun. Untuk kepengurusan KTP KIA dan KK akun WAnya juga sendiri. Demikian pula untuk perubahan data dan konsolidasi ke pemerintah pusat, ada akunnya sendiri. “Semua administrasinya dipenuhi lewat WA,” ujarnya. 

Sementara untuk mendapat fisik adminduk dari proses kepengurusannya lewa sistem WA, kata Usmandi semua dikomunikasikan lewat WA yang bersangkutan. Lantaran legalisir belum bersifat elektronik maka nanti fisik adminduk tersebut bisa dijemput masyarakat yang bersangkutan ke kantor Disdukcapil atau bisa juga diantar petugas Disdukcapil. “Kita berusaha adminduk ini pelayanannya tetap berjalan dan kalu bisa lebih mempermudah masyarakat,” ujarnya.

Terkait kendala yang dihadapi, kata Usmandi, belum ada kendala yang berarti namun memang sempat mengalami keterbatasan material ribbon untuk cetak KTP. “Awal kemaren kami terkendala ribbon untuk cetak KTP elektronik, namun sudah datang beberapa waktu lalu,” ujarnya. 

Terkait blangko KTP untuk membuat KTP baru masih cukup, namun jumlahnya mungkin kurang jika ditambah yang cetak KTP karena perubahan data. Untuk kecepatan pelayanan KTP dan adminduk lainnya, kata Usmandi pihaknya sangat bergantung pada jaringan internet.

“Untuk pelayanan personil kami tetap ngantor, namun memakai sistem kerja daring untuk membatasi pertemuan fisik dengan masyarakat secara langsung. Berkaitan dengan kecepatan pelayanan ini memang tergantung jaringan, apabila bagus dan adminitrasi lancar, maka cepat selesai. Kita berharap situasi Nasional cepat normal dan pandemi covid-19 cepat berlalu, agar kita semua enak lagi bekerja dan masyarakat tidak kesulitan untuk kebutuhannya,” tuntas Usmandi. (yohanes) 

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy