Cegah Penyebaran Covid-19, Puskemas dan Linsek Silat Hilir Semprotkan Disinfektan

Puskemas Silat Hilir bersama lintas sektor melakukan penyemprotan disinfektan di tempat- tempat umum dan pemasangan spanduk tentang Corona (COVID-19), Minggu (29/3/2020).

Kepala Puskesmas Silat Hilir menyampaikan, upaya tersebut bertujuan untuk pencegahan penularan Virus Corona (COVID-19) di wilayah Kecamatan Silat Hilir Kabupaten Kapuas Hulu.

“Sasaran kita Masjid, Surau, tempat-tempat umum, kantor Desa Pangeran, rumah makan, toko sembako, sekolah, dermaga penyebrangan Desa Pangeran dan rumah-rumah warga,” papar Kepala Puskemas Silat Hilir Chin Tet On, A.Md.Kep.

Chin mengingatkan masyarakat agar senantiasa menerapkan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Ia juga mengungkapkan bahwa pihak Puskemas terus bekerja keras untuk melakukan upaya – upaya pencegahan Covid-19.

“Kita terus lakukan langkah pencegahan, dengan mengedukasi masyarakat agar bisa melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, tetap jaga kesehatan, dan patuhi himbauan pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Silat Hilir M. Munajib, S.Sos ketika memantau langsung kegiatan menyampaikan,  semoga dengan dilakukan kegiatan penyemprotan disinfektan ini, bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Silat Hilir.

“Saya juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian jangan panik, namun tetap waspada dalam pencegahan Covid-19,” pesannya.

Munajib menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak terkait di Silat Hili, baik itu Polsek, Koramil dan masyarakat desa yang terus berpartisipasi dalam mencegah penyebaran virus Corona itu.

“Tanpa kerjasama kita, maka akan sulit kita melakukan upaya pencegahan Covid-19 ini, jadi tingkatkan koordinasi dan komunikasi antar lintas sektor yang ada,” demikian pesan Camat.

Hadir Danramil Silat Hilir Kapten Bernabas, kemudian Polsek dan anggota Bhabinkamtibmas serta para petugas kesehatan Puskemas Silat Hilir.

Sebelum penyemprotan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi singkat bagaimana pembuatan cairan disinfektan yang disampaikan Hilmiati, A.md, Farm petugas kesehatan Puskemas Silat Hilir.

“Sehingga masyarakat paham bagaimana pembuatan desinfektan  yang sesuai standar, dan warga selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan mengunakan sabun di air mengalir,  serta selalu waspada dan jangan panik,” pesan Hilmiati.