Puskesmas Seberuang Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid19

Mewabahnya Covid-19 diberbagai negara, termasuk Indonesia perlu mendapat perhatian serius dari segenap lapisan masyarakat. Untuk itu Puskemas di Kapuas Hulu terus melaksanakan langkah – langkah sosialisasi kepada masyarakat. Seperti halnya Puskesmas Seberuang dan lintas sektoral, seperti Kecamatan, Polsek dan Koramil, Minggu (21/3/2020), melaksanakan Sosialisasi cegah penyebaran Covid-19 untuk masyarakat Desa Ranyai dan Desa Sejiram. Sosialisasi dilaksanakan oleh Marsianus Pikan.A.Md. Kesling dari Puskemas Seberuang, dan lintas sektor dengan keliling desa, sambil memberikan himbauan.

Kepala Puskesmas Seberuang mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini agar masyarakat mengenal tanda dan gejala Covid-19 atau Virus Corona.

“Kita juga menekankan agar masyarakat dalam situasi seperti sekarang ditengah mewabahnya Virus Corona ini, agar menghindari kegiatan yang menghadirkan banyak orang, seperti pertemuan-pertemuan,” tegas Kepala Puskesmas.

Kepala Puskemas juga meminta agar masyarakat mengindahkan himbauan yang disampaikan pemerintah, seperti keluar rumah seperlunya saja.

Selain itu, dalam sosialisasi dilaksanakan praktek CTPS (praktek cuci tangan pakai sabun), kemudian menggunakan masker. 

“Kita himbau juga apabila ada masyarakat mengalami ciri-ciri seperti tanda dan gejala dari Covid 19, segera memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan atau Puskesmas Seberuang,” himbaunya.

Selain itu kata Kepala Puskesmas, jika ditemukan orang dengan ciri-ciri dari tanda dan gejala Covid-19, segera diarahkan melaporkan diri untuk pemeriksaan ke Satuan Tugas (SatGas ) Covid-19 Puskesmas Kecamatan Seberuang.

“Kita harapkan semua elemen masyarakat mengerti akan bahaya ancaman kesehatan dari Virus Corona. Maka harus peduli menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” pesannya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Seberuang AKP. Parwana mengharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, agar kerjasama seluruh elemen masyarakat mengerti pencegahan dan dampak dari COVID-19.

“Partisipasi dan kerjasama masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid -19 sangat penting,” pungkas Kapolsek yang juga sebagai narasumber.