Puskemas Empanang dan Lintas Sektor Bentuk Tim Cegah Covid-19

Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan neagara tetangga, Puskemas Empanang Kabupaten Kapuas Hulu terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 ke wilayah tersebut.

Untuk itu, Minggu (23/3/2020) di Aula Kantor Camat Empanang dilaksanakan Sosialisasi, Korodinasi sekaligus pembentukan tim Kecamatan Cegah Covid-19 dengan melibatkan lintas sektor di Kecamatan Empanang.

Hadir Camat Empanang, Kepala Puskesmas Empanang Susana, A.Md.Keb, Dokter Puskesmas dr. Tri Atmaja,  Polsek Empanang, Danramil, dan pengelola Promkes Puskemas Empanang Yustianus Ramai, S.K.M.

Kepala Puskesmas Empanang Susana, A.Md.Keb menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar pencegahan melalui lintas sektor akan bahaya ancaman kesehatan dari Virus Corona (covid-19) ditangani dengan cepat ditingkat Kecamatan Empanang.

“Kesiapsiagaan antisipasi dini perlu dilakukan, makanya kita berharap lintas sektor di kecamatan terus bersinergi, kita dari jajaran Puskemas juga semaksimal mungkin melaksanakan upaya – upaya penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat,” kata Susana dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat, Lintas Sektor dan perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat.

Dalam kesempatan itu, Camat Empanang Donatus Dudang mengharapkan Lintas Sektor dan masyarakat agar terus berpartisipasi dan dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Camat Empanang menyampaikan apresiasi atas kerjasama lintas sektor, Puskesmas Empang yang telah bersinergi mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 itu.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan beberapa penekanan dalam pencegahan penyebaran virus Corona, diantaranya masyarakat diberikan sosialisasi untuk mengetahui apa itu virus Corona. (Covid-19), kemudian masyarakat agar mengenal adanya tanda dan gejala Covid -19.

Para narasumber juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti pertemuan-pertemuan dan keluar rumah seperlunya saja.

Selain itu langkah berikutnya dengan melakukan praktek cuci tangan mengunakan sabun serta menggunakan masker dengan baik.

Apabila ada masyarakat mengalami ciri-ciri seperti tanda dan gejala dari Covid-19, segera  memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan atau Puskesmas Empanang, dan jika ada ditemukan orang dengan ciri-ciri dari tanda dan gejala mengarah ke Covid-19, segera diarahkan  untuk melaporkan diri guna pemeriksaan ke Satuan Tugas ( SatGas) Covid 19 Puskesmas Kecamatan Empanang.