Pilkades Di Kapuas Hulu Siap Dilaksanakan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Kapuas Hulu, Alpiansyah menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kapuas Hulu sudah siap dilaksanakan. Ada 92 desa yang bakal melaksanakan Pilkades tersebut. “Saat ini logistik seperti surat suara sudah ada di desa. Artinya kita sudah siap Melaksanakannya,” tuturnya, Selasa (17/3/20).

Pria yang karib disapa Alpian ini mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan dan kecamatan. Terkait kerawanan dalam Pilkades belum ada ditemukan. “Dalam pelaksanaan Pilkades riak-riak sedikit itu biasa, tidak mempengaruhi kelancaran pelaksanaan nanti, harapan kita tidak ada masalah,” tutur Alpian.

Alpian mengatakan Pilkades adalah pesta masyarakat desa untuk mendapatkan pemimpin desa. Selama ini suhu politik desa juga tidak terlalu panas. “Kita sudah dan selalu tekankan dalam Pilkades tidak ada aparat desa ikut dalam keberpihakan, panitianya juga harus netral, ini agar hasil Pilkades sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

Ketika ada kades kalah dan merasa dicurangi, Alpian mengatakan itu boleh mengadu ke panitia dan pj kepala desa serta BPD terkait. Apabila tidak terselesaikan, maka masalah itu akan diurus hingga ke kabupaten. “Langkah awal, persoalan itu selesaikab di desa dulu. Jangan sudah dilantik Kades terpilih, baru ada yang mengadu kecurangan atau keabsahan administrasi,” ujarnya.

Alpian menambahkan, dalam Pilkades 2020 unsur Forkopimda masuk dipanitia di tingkat kabupaten. Sebab itu, Pilkades ini sebetulnya pekerjaan bersama, dari masyarakat desa hingga Forkopimda. “Sebab itu kita harus sama-sama berkomitmen melaksanakan demokrasi di tingkat desa ini secara baik dan bermartabat,” tuntas Alpian. (yohanes)